Bahaya mengendarai motor ban kempes

Tuesday, January 13th, 2015 - Dunia Otomotif

Mengapa mengendarai motor ban kempes itu berbahaya? Saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya mengendarai motor yang ban nya kempes tidak ada angin karna bocor di jalan. Pertama ban belakang yang bocor karna memang umur ban sudah sedikit tua, dan ketika itu saya sedang dalam perjalanan menuju pulang kerumah dari berkunjung ke rumah saudara yang rute nya lumayan jauh dengan kondisi jalan baru mau di aspal dan daerah masih jarang penduduk karna itu memang jalan baru. di tengah-tengah perjalanan ban motor tahu-tahu bunyi “jesssss” langsung habis angin seketika, mau tidak mau yang harus di terabas sampai di bengkel dekat rumah dan harus ganti ban baru luar dalam. Di tengah perjalanan ban sudah tidak karuan pontang-panting kanan kiri hampir saja saya terjatuh.


Dalam kurun waktu 1 bulan kemudian ban depan ikut-ikut bocor, namun masih bisa saya bawa walaupun pelan-pelan sebelum akhirnya saya larikan ke tempat tukang tambal ban.

Bahaya ban motor kempes

Bahaya ban motor kempes

Dari kejadian di atas saya mendapat beberapa kesimpulan akan bahaya mengendarai ban motor dalam keadaan kempes :Bahaya tergelincir :

  • bahaya tergelincir di sini bukan hanya pada posisi dan depan saja namun ban belekang yang kempes juga sama bahayanya dan bisa menyebabkan tergelincir terlebih saat kendaraan di pacu dengan kecepatan di atas RPM 30KM/JAM.
  • Ban bisa saja lepas dari velg : jika saja ban motor sudah benar-benar tua keadaan ban motor akan jauh lebih lentur karna memang sudah tipis. jika keadaan ini kita paksa terlebih gas semakin di tancap bisa berbahaya kalau sampai ban lepas dari velg nya.
  • Ban luar + ban dalam pasti hancur : semakin jauh kita terabas semakin parah pula kerusakan ban dan akhirnya ban tidak dapat di pakai dan harus di ganti luar dalam biaya akan jauh lebih besar.

Beberapa hal yang dapat meminimalisir kerusakan serta keamanan si pengendara :

  • Usahakan pelan-pelan terlebih di jalanan terjal, semakin kita pelan semakin meminimalisir kerusakan ban baik ban luar maupun ban dalam
  • Usahakan pelan di setiap belokan agar keamanan pengendara lebih terjaga, kemungkinan tergelincir akan semakin sedikit.
  • Jika ban kempes masih di dekat pemukiman penduduk sebaiknya motor di tuntun agar ban tidak rusak dan tentu saja kemanaan akan semakin tejamin.

Selain itu bsa lebih efisien terhadap biaya tambal ban di bandingkan dengan di terabas dan akhirnya harus di ganti dengan ban baru. biaya tambal ban mungkin hanya berkisar Rp.10.000. namun kadang kita sering malas.
Itulah sedikit informasi seputar bahaya serta cara meminimalisir kerusakan ban kempes
Silakan di share

Ganti kampas kopling honda cb150r dengan kopling honda phantom

Like dan Bagikan G+

Bahaya mengendarai motor ban kempes | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru