Cara membedakan sistem rem ABS dan bukan ABS secara kasat mata

Tuesday, January 26th, 2016 - Dunia Otomotif

Di dunia otomotif para vendor ternama selalu mengutamakan keunggulan produk motor di mana banyak varians produk serta sentuhan yang selalu di berikan untuk produk motor kelas tertentu. Siapa yang tidak tahun Ninja 4 tak? atau Ninja 250cc. Motor dengan desain sport di kuasai oleh ninja 250cc yang pada dasarnya dia adalah pemimpin pasar motor gede sejak dulu.

Dulu ninja 250cc pertama menggunakan sistem bahan bakar karbulator dan sekarang munculan varians baru dengan sistem Fuel Injection Sistem (o28 mm x 2) dengan katup Throttle Ganda. Selain pada sistem bahan bakar Ninja 250 juga menguatkan diri dengan varians sistem pengereman ABS.

Apa itu sistem ABS??

Sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking system (ABS) merupakan sistem pengereman pada motor agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak.

Bagaimana sistem kerja sistem ABS?

ABS bekerja apabila pada motor terjadi pengereman keras sehingga sebagian atau semua roda berhenti sementara motor masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Hal ini tentu sangat berbahaya terutama di jalan licin dan kelokan. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan pistonrem untuk melepaskan tekanan kembali ke titik normal , lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik.

Manfaat dari sistem rem ABS

Manfaatnya  adalah motor tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif sehingga dapat mengurangi tingkat kecelakaan, rem ini di ciptakan untuk memberikan kenyamanan berkendara dan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat kendaraan yang tidak dapat di kendalikan ketika motor masih melaju.

Cara membedakan sistem rem ABS dan bukan ABS secara kasat mata

(Lihat pada gambar di bawah ini)

  • Sistem Rem ABS
Gambar rem ABS Ninja 250

Gambar rem ABS Ninja 250

Lihat pada tanda panah warna kuning di atas, jika motor menggunakan sistem rem abs maka akan ada semacam piringan tipis dengan lobang sejajar pada kolongan cakram seperti gambar di atas. ini ada untuk rem depan dan rem belakang pada motor yang menggunakan sistem ABS. Harga untuk motor yang menggunakan sistem pengereman ABS dengan cakram biasa cukup jauh. Sebagai contoh New Ninja 250 biasa Rp.61.500.000 sedangkan Ninja 250 ABS LTD Rp.72.000.000 (Harga OTR Bandar Lampung Januari 2016)

  • Sistem Rem Biasa (Bukan ABS)
Gambar rem biasa Ninja 250

Gambar rem biasa Ninja 250

Semoga bermanfaat silakan di share hehe

 

Lihat juga tampilan Ninja 250 ABS LTD terbaru apa bedanya dengan yang lama? lihat di sini Perbedaan yang tampak pada Ninja 250 ABS Special Edition LIMITED 2016

Harga sewaktu-waktu dapat berubah, untuk mengetahui update harga terbaru bisa menghubungi Marketing Kami di PT Sumber Trada Motor (Main dealer kawasaki cabang Gedung Meneng)

[su_box title=”Marketing Kami” style=”soft” box_color=”#616b7f” title_color=”#e1132a” radius=”1″]Mas Adi Nomor Handphone : 085377905150 Pin BB : 538AC8FB[/su_box]

Marketing kawasaki wilayah lampung

Marketing kawasaki wilayah lampung

Like dan Bagikan G+

Cara membedakan sistem rem ABS dan bukan ABS secara kasat mata | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru