Cara menaikan kompresi motor yamaha f1zr

Sunday, November 16th, 2014 - Dunia Otomotif

Bagaimana cara menaikan kompresi yamaha f1zr? Lalu apa dampak jika kompresi sudah besar? Apa ada pengaruh terhadap performa mesin? Lalu apa yang harus di rubah agar kompresi motor menjadi besar?
Sebelumnya kita harus tau apa itu kompresi? Kompresi adalah tekanan campuran udara dengan BBM pada ruang bakar agar padat. Jadi ibarat kata semakin tinggi tekanan kompresi motor maka akan menimbulkan ledakan dahsyat pada ruang bakar dan ini mengakibatkan tenaga dorong dari piston yg semakin besar.

Lalu bagaimana cara menaikan kompresi yamaha f1zr?

Ini merupakan pengalaman dari berbagai eksperimen yang di lakukan salah seorang kawan yang gemar grasstrack,mencoba berbagai cara untuk menambah tenaga pada motor f1zr nya. Pertama dengan memotong seher namun belum seberapa berpengaruh terhadap speed yang di hasilkan.
Berikut nya lalu mengurangi ketebalan head blog motor dengan bantuan tukang lemer, ketebalan dapat kita ukur sendiri sesuai dengan selera. Sudah tahukah dimana bagian head blog?
Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini

Lemer head blog yamaha f1zr

Lemer head blog yamaha f1zr


Lihat gambar di atas, head blog adalah penutup blog bagian paling atas yang berfungsi sebagai pangkalan busi motor. Sedangkan yang saya beri tanda panah di atas adalah pokok bahasan yang telah kita bahas untuk menaikan kompresi motor. Sebenarnya wadah perpak yang saya beri tanda panah di atas sedikit tebal dan tidak datar, gambar di atas adalah gambar head blog yang sudah di kurangi ketebalanya dengan tujuan agar kompresi motor lebih kuat.
Namun di balik itu semua ada kekurangan serta kelebihan :
Kelebihan :
• Kompesi motor menjadi kuat sehingga ledakan di ruang bakar maksimal
• Tenaga dorong piston semakin besar
• Dampak yang di timbulkan pada tenaga atau speed motor semakin ganas
Kekurangan :
• Boros terhadap prepak motor karna sering bocor, jika prepak motor pada head blog bocor motor tidak akan ada tenaga dan suara akan sedikit sember dari biasanya.
• Baut pada blog bisa dol (jebol) akibat tidak kuat menahan tekanan yang tinggi
Sebelum memasang prepak baru sediakan lem prepak seperti gambar di bawah ini
Lem perpak blog

Lem perpak blog


Prepak biasanya kawan saya ini hanya menggunakan kertas bungkus rokok dan di laspisi lem Auoto Sealer, ini sebenarnya bukan lem karna memang tidak lengket dan memiliki bau yang sangat khas. Cara menaikan kompresi di atas cukup ampuh, namun belum di coba untuk berbagai merk motor sekelasnya seperti Jupiter z,Jupiter Mx, ataupun merk vendor lain misalnya Honda Supra x, ataupun Suzuki Satria Fu. Dan saya masih penasaran jika cara di atas di gunakan pada moge alias motor gede seperti vixion,scorpio,mega pro,bahkan Ninja.
Adakah yang sudah pernah mencoba hal seperti pengalaman kawan saya di atas?
Sebaiknya jika ingin mencoba mintalah rekomendasi dari bengkel langganan anda terdekat agar nantinya bisa mengira-ngira berapa milli head blog harus di kurangi.
Semoga bermanfaat

Like dan Bagikan G+

Cara menaikan kompresi motor yamaha f1zr | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru