Cara menghitung dengan Teori Jarimatika

Cara menghitung dengan Teori Jarimatika

Jarimatika lebih menekankan pada penguasaan konsep terlebih dahulu baru ke arah cara cepat, sehingga anak-anak menguasai ilmu secara matang. Juga membiasakan anak mengembangkan otak kanan dan kirinya baik secara motorik maupun fungsional sehingga otak bekerja lebih optimal. Selain itu metode ini disampaikan secara fun(senang) sehingga anak-anak akan merasa senang seperti layaknya “tamasya belajar”.

Berikut ini gambaran penempatan angka pada jari yang akan di kalikan. Kedudukan jari tangan kanan maupun kiri itu sama, semua angka di mulai dari angka 6 untuk jari kelingking.

jarimatika

 

 

 

 

Antara jari kanan dengan jari kiri di sejajarkan, pertama-tama kita akan belajar perkalian untuk bilangan kurang dari 10. Baik jari kanan maupun jari kiri semua angka berawal dari angka  6 untuk jari kelingking, jari manis 7 dan seterusnya. Berikut ini contoh untuk perkalian 8x7.

Mulai hitung jari kiri dari angka 6 pada jari kelingking hingga 7 untuk jari manis. Lalu tangan kanan di kalikan dengan angka 8, hitung dari jari kelingking mulai dari angka 6 hingga 8 pas letaknya pada jari manis. Jari yang berdiri tegak lurus di kalikan 3 x 2 hasilnya 6. Sedangkan untuk jari yang di tekuk di tambahkan 2 + 3 hasilnya 5. Dari dua kombinasi tersebut di gabungkan menjadi satu di mulai dari jari yang di tekuk terlebih  dahulu di tempaykan di depan (5) sedangkan untuk jari yang berdiri tegak di tempatkan di belakang (6) maka hasil yang di dapat = 56.

 

 

Begitupun untuk perkalian  angka selanjutnya, ingat semua perkalian di mulai dari angka 6 pada jari kelingking hingga 9 pada jari telunjuk. semua itu mudah di lakukan jika ada kemauan kuat untuk belajar, Semoga bermanfaat.

 

Artikel dengan kategori yang sama:

 

Serach Engine Keyword

  • hitungan jarimatika
  • cara berhitung praktis

 

.

Leave a Comment