Cara tumbuh kembang kelapa sawit serta perawatannya

Saturday, June 8th, 2013 - Dunia wirausaha

Cara tumbuh kembang kelapa sawit serta perawatannya Banyak sekali daerah perkebunan sawit yang sering kita jumpai,namun apakah pernah terfikirkan bagaimana cara merawat agar dapat tumbuh kembang secara maksimal??

sektor pertanian di kampung-kampung sudah banyak yang menanam kelapa sawit sebagai tanaman yang sebenarnya memiliki nilai jual tinggi. namun kegelisahan yang akan timbul jika kita sebagai petani tidak mengetahui bagaimana cara tumbuh kembang kelapa sawit serta cara perawatan yang baik. sebenarnya kami juga belum seberapa paham tentang penanaman kelapa sawit, hanya belajar dari pengalaman orang yang sudah bertahun-tahun bercocok tanam kelapa sawit sebagai hasil kebun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ada beberapa tahap yang harus di lakukan sebelum menanam kelapa sawit:

  • Pertama-tama benih yang akan di tanam harus benar-benar bibit yang dapat di katakan benih unggul, biasanya benih unggul di jual di pasaran atau di koperasi produksi yang menyediakan berbagai bibit unggul untuk di tanam.
  • tancapkan benih terlebih dahulu pada polibek kecil yang berisi tanah bercampur pupuk, akan lebih baik lagi jika pembibitan pada tanah di campur dengan pupuk alami yang sering di sebut pupuk kandan ataupun fermentasi dari kotoran hewan ternak seperti sapi ,kambing.
  • Biarkan terlebih dahulu bertunas dan keluar daun beberapa biji sebelum di pindahkan ke polibek dengan ukuran besar kisaran waktu kurang lebih 1 hingga 1 bulan ½.
  • Sering-seringlah di siram secara teratur karna kelapa sawit sangat bergantung pada kadar air yang cukup besar untuk proses sirkulasi secara sempurna. Jika di sekeliling benih di tumbuhi ruput sebaiknya jangan selalu di obat dengan obat yang mengandung bahan-bahan kimia karna tidak baik untuk tekstur tanan yang telah di berikan pupuk, lebih baik di cabut secara teratur dan di buang di sekeliling bibit sebagai pupuk organik yang alamiah.

Berikut ini gambar setelah kelapa sawit di pindah kan ke polibek besar selama kurang lebih 1 bulan sebelum di tanam ke lahan pertanian
bibit kelapa sawit

 

 

 

 

 

 

 

setelah di pindahkan ke polibek dengan ukuran yang  lebih besar, berilah jarak sekiranya 1/2 meter agar benih cepat berkembang dan tumbuh tidak saling berdempetan. benih kelapa sawit dengan kurun waktu yang tidak lama kurang lebih 1 bulan setelah di pindahkan ke polibek besar  sudah dapat di tanam di kebun dengan jarak bervariatif 7 hingga 8 meter persegi.

Berikut ini adalah gambaran ukuran penanaman kelapa sawit untuk perkebunan di daerah pegunungan dengan kadar air yang lumayan lembab di bandingkan dengan dataran rendah.jarak tanam antara satu dengan yang lainya sangat mempengaruhi tumbuh kembang serta keadaan buah yang di hasilkan kelak di kemudian hari.

kelapa sawit di pegunungan

kelapa sawit di pegunungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keadaan kelapa sawit di aerah pegunungan lebih relatif cepat tumbuh di bandingkan dengan  tempat daerah  dataran rendah tutur pemilik kebun asal padang ratu lampung tengah itu, pasalnya daerah pegunungan keadaan iklim lebih sejuk di bandingkan dengan dataran yang lain menyebabkan  kadar air cukop tinggi sangat cepat untuk tumbuh dan berbuah. Namun saat pemetikannya lumayan susah karna keadaan tanah  yang tidak sepadan lebih vertikal, dengan jarak tanam 8 meter persegi.

 

ARTIKEL DENGAN KATEGORI YANG SAMA:

 

Like dan Bagikan G+

Cara tumbuh kembang kelapa sawit serta perawatannya | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru