Cover engine untuk motor Honda tiger dan Yamaha vixion

Sunday, December 2nd, 2012 - Dunia Otomotif

Cover engine aksesoris motor atau penutup mesin  untuk motor Honda tiger dan Yamaha vixion ternyata ada kesamaan.

cover engine berfungsi sebagai penutup mesin motor bagian bawah agar mesin motor aman dari gesekan jika terkena batu ataupun kotoran yang akan menempel langsung pada boby mesin. Namun biasanya jika jarang di control kotoran palah akan mengendap di bawah mesin di atas topangan cover engine. Sebaiknya saat mencuci motor jika sudah lama cover tidak di lepas sebaiknya sekali atau dua kali di lepas lalu di cuci bagian mesin yang tertutup cover. Kotoran yang mengendap akan membuat mesin lebih cepat berkarat.

Sebelum saya membeli cover engine untuk Yamaha vixion saya, saya sempat bingung karna ada beberapa pilihan cover engine. Maklum baru pertama kalinya pasang cover. Lalu saya memilih cover dengan bentuk seperti di bawah ini:

cover engine

cover engine

 

 

 

 

Gambar ini di postingan saya sebelumnya sudah ada dengan Cara memasang cover engine atau penutup mesin Yamaha vixion. Nah ternyata saya pilih cover engine dengan jenis ini ternyata belum pas juga. Masih harus memotong bagian bawah untuk membuat lobang leher knalpot. Saya kira tinggal pasang-pasang saja. Waktu itu tepatnya bulan januari 2012 saya membeli cover di atas dengan harga Rp.80.000 sudah termasuk ongkos pasang. Pokonya kita terima jadilah. Saya kira itu memang sudah khusus di desain buat Yamaha vixion, ternyata kemaren saya lihat motor Honda tiger kawan juga memakai jenis cover yang sama.

cover engine motor

cover engine motor

 

 

Ternyata bisa juga di pasang di motor Honda tiger. Saya juga kurang paham itu pasnya di pakai  untuk jenis motor jenis apa. Tetapi menurut saya dari banyak varian jenis cover engine yang layak dan enak di pasang adalah cover jenis ini pada motor Yamaha vixion. Mengapa demikian?? Karna ukuran cover tidak seberapa besar. Untuk ukuran yang lebih besar saya lihat banyak yang di gunakan untuk jenis motor Yamaha byson, karna sesuai bentuk motor yang sdikit lebih gemuk di bandingkan Yamaha vixion ini.

Namun kelihatan kecil jika di pasang pada motor Honda tiger. Tetapi semua itu sesuai dengan selera kita masing-masing. Di pasang di Honda tiger bentuk cover ini walaupun sedikit kelihatan kecil namun pas aja kok, karna leher knalpot hampir sama dengan Yamaha vixion. Cara pasangnya juga sama perisis dengan motor Yamaha vixion baik besi yang di gunakan untuk menopang cover ataupun tata letak baut.

Awalnya cover engine saya juga berwarna merah, namun merahnya terlalu marun jadi kurang cocok jika di lihat akhirnya saya pylok dengan warna putih.

Untuk penutup mesin juga ada bentuk lain yaitu full fairing seperti gambar di bawah ini:

vixion full fairing

vixion full fairing

 

 

 

 

 

 

Untuk jenis cover dengan full fairing tentu saja tidak sama lagi atau tidak cocok jika di pakai untuk fairing Honda tiger. Karna itu memang sudah di khusukan untuk Yamaha vixion. Warna sudah di desain sama dengan warna motor. Full fairing untuk Yamaha vixion yang pernah saya lihat hanya warna merah dan putih.

Untuk Honda tiger yang memakai full fairing saya belum pernah lihat, mungkin di antara teman-teman pernah tau bagaimana bentuk cover full fairing untuk Honda tiger??

Semoga artikel dari saya dapat bermanfaat untuk anda yang mau memasang cover engine untuk kendaraan nya baik Honda tiger ataupun Yamaha vixion.

Like dan Bagikan G+

Cover engine untuk motor Honda tiger dan Yamaha vixion | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH
12 Comments

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru