Filter udara honda beat berlobang menyebabkan motor ngadat

Saturday, August 3rd, 2013 - Dunia Otomotif

Kapasitas ketahanan filter motor matik tergantung dari pemakaian, semakin sering di pakai semakin cepat pula masa pergantian harus di lakukan. Ini merupakan pengalaman pertama saya mengendarai motor matik. Sebelumnya saya juga tidak seberapa tertarik dengan motor matik, karna saya belum pernah merasakan. Beberapa waktu lalu dapat pinjaman dari teman yang mempunyai motor matik, ternyata nyaman, santai tanpa harus oper gigi, kompling dan lain-lain.
Di kemudian hari saya mendapat rekomendasi dari salah seorang teman yang mengendarai motor matik jika membeli motor matik cari dari produk honda karna memang dari dulu suara produk honda ramah lingkungan. Akhirnya saya membeli motor matik dari produk honda yaitu honda beat warna putih. Saya membeli di salah satu dealer resmi honda di daerah Pringsewu Lampung.


Setelah kurun waktu satu tahun suara motor jika mau naik gas mulai ngadat-ngadat, sempat juga mati di tengah jalan. Ini salah satu yang perlu di waspadai bagi para pengguna motor matik khusus nya honda beat untuk sering-sering cek filter udara. Ternyata penyebab motor matik ngadat itu terletak pada filter. Saringan filter yang kurang sempurna adalah salah satu hambatan keluar masuk nya angin pernapasan motor jadi kurang stabil.
Berikut adalah gambar filter honda beat saya yang sudah rusak dan mulai berlobang

gambar filter udara honda beat

gambar filter udara honda beat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

gambar filter honda beat bagian depan

gambar filter honda beat bagian depan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Motor akan ngadat pada saat mesin sudah mulai panas, jika di biarkan sebentar motor akan kembali hidup kembali tetapi akan cepat ngadat lagi.
Terlebih jika motor di gunakan untuk laju jalanan berdebu filter akan cepat kotor, kotoran akan menyumbat menutupi lobang-lobang kecil dalam filter tersebut, dan menyebabkan motor ngadat.
Pada saat musim hujan pula dapat menjadi petaka tersendiri untuk motor honda beat, uap air yang menempel pada filter yang sudah rusak ini dapat pula menyebabkan sumbatan. Kejadian ini pernah saya alami ketika berkendara di musim hujan, tiba-tiba motor mati pas di tengah jalan, alangkah panik ketika itu. Hujan dan keadaan jalanan ramai pula. Lalu saya start tetap tidak mau, saya biarkan sebentar sekalian saya tunggu sambil berteduh kisaran 15 menit motor hidup kembali.
Akhirnya dari beberapa trouble yang saya alami tersebut saya rekomendasikan ke pihak dealer ternyata masalah nya ada di filter udara yang sudah rusak. Harga filter honda beat baru yang bagus berkisar Rp.45.000. yang model imitasi berkisar Rp.30.000

gambar lobang udara honda beat

gambar lobang udara honda beat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebenarnya walaupun tanpa filter motor akan tetp hidup, namun lama kelamaan akan berakibat fatal. Karna kotoran tidak dapat tersaring hingga masuk ke karbulator dan terus turun ke mesin. Kemungkinan akan membahayakan kondisi mesin motor secara berkelanjutan.

 

gambar belt honda beat

gambar belt honda beat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain pada filter periksalah juga pada belt atau karet pengganti rantai, jika sudah terlalu lama karet ini akan mekar dan merusak tutup tepat pada ujung jari telunjuk di atas,
tanda-tanda belt yang sudah rusak:
•    Bunyi berisik saat angkatan mau di jalankan
•    Respon gas yang sedikit lambat dari biasanya
Itulah sedikit informasi seputar Filter udara honda beat berlobang menyebabkan motor ngadat. Masalah di atas merupakan masalah yang wajar pada motor matik.
Semoga informasi dari saya menambah refrensi anda.
note: periksalah kendaraan anda terlebih ketika mau mudik lebaran, karna perjalanan jauh perhtikan sebelum berangkat apa-apa saja yang perlu di benahi sebaiknya di benahi agar tidak ada hambatan saat mudik.
semoga selamat sampai tujuan.

 

Like dan Bagikan G+

Filter udara honda beat berlobang menyebabkan motor ngadat | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH
One Comment

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru