Hal yang menyebabkan motor f1zr tidak bisa di gigi atau tambah transmisi

by : admin. Posted in : Dunia Otomotif

Yamaha f1zr, siapa yang tidak tahu motor yamaha f1zr?
Sudah tidak asing bukan? Produk yamaha berdesain bebek ini mempunyai tenaga lebih bandel di bandingkan bebek-bebek lain, mengapa demikian?
Karna mesin motor bebek ini 2 tak, sedikit boros terhadap bahan bakar dan membutuhkan oli samping sebagai pelumas mesin. Motor jenis f1zr ini banyak di manfaat kan oleh orang-orang yang senang bermain grass track atau balapan motor di areal tanah.


Selain itu juga motor yamaha f1zr ini di manfaatkan oleh orang-orang perkampungan untuk usaha mendaki gunung. Lihat pada artikel saya yang sebelumnya tentang “motor yamaha f1zr untuk medan pegunungan”.
Ngomongin soal motor yamaha f1zr kemaren tetangga saya yang mempunyai motor f1zr untuk medan pegunungan mengalami kerusakan mesin yaitu tidak bisa di oper gigi ternyata cakar ayam pada mesin lepas. Sehingga motor tidak bisa di tambah gigi.
Mudah saja cara membenahi, hanya sepele. Jika itu hanya lepas cakar ayam nya cukup bongkar mesin lalu di terapkan kembali. Mungkin lebih lama bongkar nya dari pada membenarkan cakar ayam nya sehingga bagi yang tidak tahu itu akan jadi masalah besar.
Kemungkinan jika cakar ayam nya yang patah ya harus di ganti hehe. Sudah tahukah anda bagaiamana bentuk cakar ayam motor yamaha f1zr??
Lihat lah cuplikan gambar di bawah ini!

gambar cakar ayam f1zr

gambar cakar ayam f1zr

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Proses pelepasan mesin untuk perbaikan cakar ayam
Pertama: tab oli mesin hingga bersih, karna cakar ayam terletak pada bagian kanan mesin
Kedua: bongkar mesin lihat jika cakar ayam dalam kondisi lepas seperti gambar di bawah

cakar ayam lepas

cakar ayam lepas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

gambar di atas adalah gambar cakar ayam motor f1zr yang lepas dan tidak menempel lagi pada posisi yang pas

jika terjadi hal demikian sebaiknya pasang kembali seperti gambar di bawah ini

gambar cakar ayam normal

gambar cakar ayam normal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebenarnya kerusakan pada motor yamaha f1zr itu mudah untuk di perbaiki. Suku cadang motor sangat mudah di cari. Banyak sekali di kampung saya yang menggunakan motor yamaha f1zr untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misal nya untuk berkebun di medan pegunungan. Motor yamaha f1zr sedikit lebih tangguh di bandingkan motor lain.
Sedikit informasi dari saya semoga dapat membantu, jika ada pertanyaan silakan post kan pada komentar di bawah. Terima kasih.

artikel lainnya Hal yang menyebabkan motor f1zr tidak bisa di gigi atau tambah transmisi

Monday 23 June 2014 | Dunia Otomotif

Adiducation.com, Modifikasi vixion putih polos lampu bulat terbaru 2014. tidak ada henti-henti nya jika kita ngomongin…

Wednesday 26 February 2014 | Dunia Otomotif

Gambaran Kawasaki Ninja RR Mono,Produk terbaru Kawasaki 2014 akan meluncur di Lampung mulai awal april 2014,…

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

20 Responses to “Hal yang menyebabkan motor f1zr tidak bisa di gigi atau tambah transmisi”

  1. maullana says:

    trims….brow,,,wawsannya,,,,bgitu bermanfaat ….bagi sy…..

  2. Joko gunadi says:

    Mau tanya. Klo benerin / ganti as gigi / cakar ayamnya apakah harus bongkar total?

  3. Joko gunadi says:

    Mksh sblmya. Mau ty lg. F1zr sy sktar 6 bln lalu turun msin gnt klaher askrek, stang seher, dan blok sprangkat. Tp tenaganya kok msh kurang max. Kr2 apanya lagi?

  4. Gatot says:

    Apa kah susunan gigi f1zr itu ada aturan’a gk msalah kah klw dipsang seberautan???.
    Apa ada cra” tk pemasangan gigi” itu atw kode” yg dipaskan???.

    • admin says:

      gigi bagian dalem ya mas? atau cakar ayam nya?
      kalo gigi bagian dalem sebaiknya ya jangan semrawut, sesuaikan susunan sesuai dengan aturan.
      kalo kode2 nya sepertinya ndak ada mas. kalau udah sering bongkar pasang biasanya sudah hafal mana yang harus di dahulukan.

  5. Yongki says:

    Mas bro , knapa mesin f1zr saya berisik di bagian rumah kopling , padahal baru satu bulan ganti rumah kopling+gigi gandeng ny . Tapi suara ny msh berisik , apakah ada penyebab yg lain nya ?

  6. savri ansyah says:

    Mw tnya ni gan.lw f1zr d tmbh jd 5 tranmisi/d jdikan 5 porseneling bsa ap tdk?trims.

  7. wanto says:

    mas,bro.tolongin donk,gimana cara modifikasi rangka f1 jadi rangka treil biar nampak ok,kl ada sket/skema nya tolong di share ke saya.matur nuwun mas

  8. James says:

    Min..
    Kalo ganti
    Seher
    Stang seher
    Laker bandul kanan kiri
    Seher ring 1 set
    Sama as gigi rasio
    Kira kira bisa makan biaya berapa ya

  9. ahmad says:

    Om kalo gigi transmisi force 1 d ganti fiz r sama gax bos

  10. agung says:

    Gan…mau tanya fizr saya kalok masuk gigi satu langsung mati mesin knapa gan

  11. faruq says:

    Admin maaf nih ane punya mtr fiz r nyalah dimasukin gigi bisa tapi gabisaa jalan ,,itu apa yaa penyebab nya?

  12. abdul rozaq says:

    brow montor aku kok molor tarikannya apanya ya . aku udah ganti kampas koplingnya pernya udah aku ganti juga

  13. abdul rozaq says:

    brow montor fiz r gua kok tarikannya molor .padahal aku udah ganti kampas koplinya trus juga perkoplingnya juga udah aku ganti . tolong pencerahannya bro

  14. rolly says:

    as perseneling sering terlepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *