Hampir saja saya tertipu karna colokan kiprok kendor

Tuesday, May 13th, 2014 - Dunia Otomotif

Adiducation.com, Hampir saja saya tertipu karna colokan kiprok kendor. ternyata membiarkan motor rusak kelamaan itu bisa merambat ke komponen-komponen yang lain. sebelum nya saya akan sedikit bercerita tentang motor yamaha vixion saya yang tiba-tiba mrebet, saya sempat bingung karna saya orang awam dan kurang begitu paham mengenai motor injeksi.

 

vixion merah marun

vixion merah marun

motor mberebet sedikit tidak wajar dari biasanya, saya kira karna fuel pump yang kotor dan kurang stabil, biasanya kalau suara sedikit mberebet saya isi pertamax selesai motor kembali normal. tapi ini lain dari pada biasanya, kisaran 3 hari saya biarkan mbrebet tidak ilang-ilang palah tambah parah, dan aneh nya lagi mbrebet nya pas kalau motor dalam keadaan panas, sangat terasa ketika belok dan kemudian tarik gas kembali motor mberebet nya semakin parah, palah pernah sesekali mati di jalan.

karna sudah tidak wajar akhir nya tepat pada hari Senin Pukul 10.00 WIB saya larikan ke dealer resmi yamaha terdekat, jam 10 pagi dealer sudah ngantri sudah nomor urut sekitar 9 motor yang sudah masuk. dan akhir nya saya harus menunggu, setelah selang waktu kisaran satu setengah jam baru motor saya di sentuh oleh salah satu mekanik di dealer yamaha tersebut. di cek katanya kerusakan pada angka 46 yang berarti pada kelistrikan yang kurang stabil. setelah di buka spul gosong entah karna ada kabel konslet mungkin karna pernah saya pasang lampu variasi. akhir nya harus ganti spul. di cek lagi busi rusak karna hampir  tahun belum pernah ganti busi, namun injeksi di periksa masih dalam kondisi oke. kemudian mekanik nya bilang kalau tidak sembuh harus ganti kiprok, karna budget saya kurang kemudian saya ganti spul dan busi nya terlebih dahulu dengan rincian biaya sebagai berikut :

  • SPUL /STATOR ASSY(3C11) Rp.188.000
  • BUSI /PLUG SPARK (NGK R.CR8E)3C11 Rp.13.500
  • Biaya service Rp.60.000

semua sudah selesai sudah oke, selang 1 hari saya service motor saya bawa ngampus sampe di tengah jalan kok lampu indikator warna kuning hidup terus tanpa kedip terus jarum gas kok tidak bergerak sama sekali, pikiran saya sudah down karna pasti harus ganti kiprok. karna lampu kedip kuning menunjukan kelistrikan yang kurang stabil, fungsi kiprok sendiri yaitu sebagai charging accu atau pengecas aki. kalau aki tekor pasti motor mbrebet, letak kiprok di bagian kiri body motor vixion

 

letak kiprok vixion

letak kiprok vixion

kemudian saya bawa ke bengkel kawan yang tidak jauh dari rumah,iseng-iseng ngecek apakah benar kiprok harus di ganti. sebentar di otak-atik di cek kiprok masih bisa ngecas tapi kok aki bisa tekor?

ternyata masalah nya hanya pada colokan kiprok yang sudah kendor atau lower karna kena panas, di tambah lagi colokan sudah sedikit berkarat. akhirnya di bersihkan dan di buat sedikit sempit agar cengkraman colokan lebih erat, dan alhasil ternyata berhasil. horeee 🙂

colokan pada kiprok

colokan pada kiprok

dari situ ada satu hal yang bisa kita petik sebelum ganti kiprok vixion, karna harga kiprok juga lumayan mahal kisaran Rp.250.000. periksalah terlebih dahulu minta bantuan bengkel yang sudah berpengalaman apakah kiprok sudah tidak bisa ngecas atau hanya rusak tidak stabil pada colokan.

itulah sedikit pengalaman dari saya, apakah anda pernah ada masalah pada kiprok motor??

silakan berikan komentar sebagai wujud partisipasi 🙂

Like dan Bagikan G+

Hampir saja saya tertipu karna colokan kiprok kendor | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH
33 Comments

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru