Hati-hati dengan Ulat daun sengatan panas

Tuesday, February 26th, 2013 - Dunia traveling

Ulet lintang, itulah sebutan ulat berbulu sedikit runcing seperti landak ini sangat di musuhi masyarakat di kampung saya. Habitat ulat biasanya berada pada pohon kelapa menempel pada daun yang di tempeli. Lebih bahaya lagi jika ulat hidup pada tanaman kelapa sawit. Karna ulat ini hidup dengan memakan daun-daun kelapa sawit hingga tinggal lidinya saja. Tentu itu tidak baik untuk tumbuh kembang kelapa sawit yang tidak mempunyai daun yang sempurna. Sudah tahukan anda bagaimana bentuk ulat tersebut??

Lihat lah sedikit cuplikan gambar yang saya abadikan

ulat lintang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tumbuh kembang ulat ini jika dia masih kecil susah di lihat oleh mata karna warna corak ulat menyerupai daun kelapa, namun jika sudah sedikit besar ulat akan sedikit berubah warna sedikit putih pada punggung ulat. Bulu runcing nya pun mulai tumbuh. Sehingga jika tertempel pada kulit  tanpa dia harus pegang atau tanpa dia sadari ulat dapat menyengat melalui bulu runcingnya. Sebenarnya sih sengatan tidak seberapa bahaya hanya sedikit kaget karna rasa sengatan panas dan gatal. Namanya juga ulat lintang hehe. Itu sebutan ulat ini di desa saya padang ratu lampung tengah. Namun bagi yang mempunyai penyakit kulit tertempel ulat ini dapat gatal-gatal.
Jika terkena ulat ini sebaiknya:
1.    Cuci bagian kulit yang tersengat ulat
2.    Beri balsam atau minyak kayu putih
3.    Jangan di garuk, jika di garuk rasa gatal akan cepat mudah menyebar
Daun kelapa yang terserang ulat bulu runcing

daun sawit rusak

daun sawit rusak

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daun yang terserang ulat semakin lama akan semakin habis, karna populasi ulat ini lumayan sedikit cepat berkembang biak. Jika di biarkan daun kelapa atau kelapa sawit akan kehabisan daun dan tentu itu tidak baik untuk perkembangan buah nya. Sebaiknya cepat di lakukan penyemprotan dengan obat hama, biasanya obat vastak pun dapat di jadikan pilihan untuk membasmi ulat berbulu runcing tersebut. Itu meruapakan gambar daun kelapa sawit di depan rumah yang terserang ulat bulu runcing, sangat pas sekali bukan moment nya, cuaca saat saya ambil gambar pas saat cuaca langit cerah hehe.
Namun alhamdullilah untuk pohon sawit di pegunungan saya tidak terserang ulat, walaupun sedikit namun sudah sedikit membantu mencukupi kebutuhan. Karna orang tua saya adalah orang yang sedikit gemar akan tanah. Tanah di tempat saya tinggal tepatnya di mojokerto kec. Padang ratu lampung tengah sudah sedikit relatif mahal. Karna mulai banyak penduduk yang senang berinvestasi dengan berkebun sawit. Jika harga sawit turun petani sedikit tersiksa, pernah sekali turun hingga Rp.400/KG sehingga uang hasil jual buah hanya cukup untuk bayar orang kerja. Pasalnya para pengepul karna kondisi pabrik penuh. Selain berkebun orang tua saya di rumah juga membuat usaha genteng.

Jika anda tertarik atau ingin tanya-tanya soal genteng silakan kontak kami melalui via email di atas. Atau post kan komentar anda di bawah.
Masih banyak jenis ulat bulu yang lain yang menyerang daun. Semoga sedikit informasi dari saya bermanfaat untuk anda.

 

Like dan Bagikan G+

Hati-hati dengan Ulat daun sengatan panas | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru