hukum-hukum dalam berpuasa di bulan ramadhan

hukum-hukum dalam berpuasa di bulan ramadhan, الحمد لله kita sudah memasuki bulan penuh berkah, artikel ini saya tulis sebelum bulan ramadhan Ramadhan 1434 H/2013 M. bersumber dari buku tentang tanya jawab ramadhan. mengungkap beberapa hukum-hukum atau masalah selama berpuasa di bulan ramadhan Ramadhan 1434 H/2013 M ini.

sebelum kita membahas apa saja hukum-hukum dalam berpuasa di bulan ramadhan sebaiknya kita mengetahui apa itu puasa? barangkali di antara kita pernah melakukan puasa tapi kita tidak tahu apa itu puasa?

kata “puasa” berasal dari bahasa sansekerta(hindu), yakni kata “upa” dan “wasa” yang artinya menahan diri. sudah sering kita dengar para ulama/ustad menahan diri bukan hanya tidak makan dan tidak minum melaikan menahan diri dari hal-hal yang di larang oleh allah yang berbau negatif.

marhaban ya ramahdan

marhaban ya ramahdan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

setelah kita mengetahui apa itu puasa tentu ada hukum-hukum atau larangan-larangan dalam kegiatan kita sehari-hari, larangan itu jika kita langgar akan membatalkan puasa kita. sebaiknya kita mengetahui  bagaimana hukum dari larangan tersebut.

  • Apa hukum puasa bagi yang kemasukan air bekas berkumur?

kemasukan air bekas berkumur (istinsyaq) itu membatalkan puasa. hal ini bila berkumur atau istinsyaq nya itu di lakukan secara berlebihan hingga membuat air masuk kedalam tenggorokan.

  • apa hukum keluar sperma bukan karna bersetubuh saat berpuasa?

batal puasa bila mengeluarkan sperma bukan saat bersetubuh(onano/masturbasi). baik istimna(dengan istri) atau onani mengeluarkan sperma dengan tangannya sendiri itu membatalkan puasa. begitu juga batal karna mengeluarkan air mani saat bersentuhan,mencium. setubuh dengan sengaja di siang hari itu membatalkan puasa dengan kewajiban mengqada dan membayar karafah. semua ulama muzhab menyepakati akan hal ini.

  • Hukum puasa bagi pekerja berat?

telah di jelaskan oleh guru besar islam,Prof.Dr.Hj Huzaimah Tahido, pekerja berat berhak memilih yang terbaik untuk mereka sendiri dalam menjalakan ibadah puasa. jika memang masih merasa mampu lebih utama untuk tetap berpuasa. tetapi jika memang benar-benar berat lebih utama baginya menerima keringanan(rukshah) yaitu boleh tidak berpuasa. tetapi ia mempunyai kewajiban mengqadha puasanya di luar ramadhan atau membayar fidyah yaitu memberi makan fakir miskin sebesar satu mud (3/4 liter) makanan pokok untuk setiap hari yang di tinggalnya.

  • Hukum berjualan nasi di bulan puasa?

menurut prof. dr Qurish Shibab tidak adal larangan untuk berjual beli dengan non muslim. orang yang sakit dan musafir juga boleh makan di siang hari. jual makanan di siang hari juga boleh untuk yang berpuasa dan di makan ketika berbuka. namun anda berdosa jika melayani muslim yang wajib berpuasa dan anda tahu bahwa makanan itu akan di makan di siang hari.

  • apakah hukum orang yang menangis saat sedang puasa?

menagis itu tidak membatalkan puasa apa bila menangis nya itu karena mengingat dosa-dosa pada Allah SWT.

  • Bagaimana hukum bergosip saat bulan puasa?

gosip(ghibah) adalah hal yang harus di hindari oleh kaum muslimin yang sedang berpuasa. hal tersebut selain bisa membatalkan puasa juga bisa mengurangi pahala yang akan kita terima. terlebih jika bergosip berperasangka buruk terhadap orang lain.

  • Bagaimana hukum mencabut gigi saat berpuasa?

mencabut gigi saat berpuasa pasti air liur yang mengandung darah yang berasal dari diri sendiri tidaklah membatalkan puasa. tapi alangkah baiknya jika mencabut gigi di saat berbuka.

itulah sedikit refrensi hukum-hukum dalam berpuasa di bulan ramadhan semoga ibadah kita pada ramadhan tahun ini dapat kita jalankan dengan baik dan mendapat ridho Allah SWT.

Refrensi :

Buku tanya jawab ramadhan oleh PT VARIAPOP GROUP

www.majalah-hidayah.com

 

Artikel dalam kategori yang sama:

 

One Response to hukum-hukum dalam berpuasa di bulan ramadhan

  1. […] hukum-hukum dalam berpuasa di bulan ramadhan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>