kelebihan serta kelemahan motor matik bagi pengendara

kelebihan serta kelemahan motor matic, tidak bisa di pungkiri lagi. beragam alat transportasi di desain dengan sedemikian rupa agar nyaman bagi konsumen dalam berkendara. selain kendaran roda 4 kendaraan roda 2 juga lebih merajalela di mana-mana sebagai alat transportasi yang simple dan praktis.

teknologi semakin maju alat transporatsi roda dua sebelumnya semua menggunakan transmisi atau gigi. namun sekarang demi kenyamanan pengendara kendaraan roda dua melakukan penyegaran berupa tansmisi automatic yang sering di sebut dengan otor matic. kenyamanan motor matic karna oper transmisinya yang secara otomatis sehingga tidak perlu lagi ribet dengan banyak aktifitas di tangan dan kaki ketika mengendarai motor.

ini fakta dari pengalaman saya pribadi, sebelum saya mempunyai motor matic saya mengendarai motor bebek jenis jupiter z. gencar-gencar nya motor matic keluar akhirnya saudara laki-laki saya beli motor matic sebagai alat traansportasi untuk bepergian ke sekolah. namanya juga satu rumah pasti sering dong bergantian motor hehe.

jupitar z warna putih

jupitar z warna putih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

modifikasi velg

 

 

 

 

 

 

 

 

gambar motor matic saya kutip dari artikel saya sebelumnya Modifikasi honda beat dengan velg cat merah.

dari fakta yang saya rasakan setelah berkendara motor matic ada beberapa kelebihan serta kelemahan motor matic

kelebihan menggunakan motor matik

  • dalam hal kenyamanan pasti motor matik sangat nyaman karna di desain sesuai dengan praktis dan lues, pada umunya sih bagi perempuan. namun tidak jarang laki-laki juga mengendarai motor matic karna memang nyaman.
  • berani untuk bepergian jauh dalam artian tidak mudah capek harus tambah-kurang transmisi. tinggal naik gas motor melaju. rem sudah ada di tangan kanan dan kiri.
  • longgar ruangan depan bisa untuk meletakan kaki
  • jika membawa barang yang lumayan banyak masih tetap mudah di bawa dan tidak seberapa sulit di bandingkan dengan motor bebek biasa. barang bisa di tempatkan di depan tanpa harus susah-susah kurangin atau tambahin gigi. tinggal tancap gas-rem.

 kelemahan menggunakan motor matik

  • sudah bisa di tebak pasti kalah tarikan dengan motor gigi manual, bagi yang senang motor dengan tarikan yang kenceng pasti enggan jika harus menyalip mobil yang ada di depan karna sedikit kelabakan hehe
  • lemah saat berada pada lintasan tanjakan
  • tidak cocok untuk semua medan perjalanan, hanya cocok untuk perjalanan di jalan kota. karna motor matik di desain dengan body sedikit ceper sehingga jika untuk jalanan yang sedikit bebatuan akan sedikit terganggu. bentuk diameter roda yang kecil tidak cocok utuk jalanan yang bergelombang
  • lebih boros dalam konsumsi bahan bakar, bisa banding 10-15% dengan motor bebek biasa. biasanya saya menggunakan motor bebek biasa dari rumah saya padang ratu lampung tengah ke bandar lampung hanya membutuhkan kisaran 2 liter bensin. sedangkan dengan motor matic 2,5 liter pun kadang lebih.
  • menggunakan belt bukan rantai. sehingga umur tidak seawet rantai. jika belt sudah mulai bunyi sebaiknya cepat-cepat i ganti. karna belt dalam motor matic meruapakan komponen penting.

 

itulah sedikit keluh kesh senang saya menggunakan motor matic. semoga beramanfaat. silakan di share kawan-kawan :)

Leave a Comment