Kendaraan yang cocok untuk pantau kebun sawit daerah pegunungan

Sunday, November 16th, 2014 - Dunia wirausaha

Adiducation,apa kendaraan yang cocok untuk medan pegunungan? Apa kendaraan yang murah yang dapat saya gunakan untuk pantau kebun sawit saya yang berada di daerah sedikit tebing?
Jawaban untuk pertanyaan di atas sangat relatif karna setiap orang pasti memiliki persepsi serta sudut pandang yang berbeda tentang kendaraan yang ingin mereka gunakan. Ini adalah cerita klasik di dalam kehidupan perkampungan kami tepatnya di daerah Mojokerto Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung yang masih sangat tradisional baik dalam segi transportasi maupun teknologi.


Misalnya saja dalam penggunaan transportasi untuk membawa hasil kebun kelapa sawit ke Lapak masih menggunakan gerobak sapi dengan ongkos tergantung dari hasil muatan yang di bawa. Untuk mengumpulkan kelapa sawit ke dalam satu tumpukan kami menggunakan lori atau artco sebagai alat pengumpul kelapa sawit yang sudah kami ambil.

Mengapa kami menggunakan artco saat proses panen sawit?

Jawabannya cukup singkat karna daerah kami adalah daerah pegunungan yang susah jika ada kendaraan roda empat masuk ke lokasi ladang karna faktor jalan sempit yang sedikit nanjak sedikit turun dan lebih mudah jika kita menggunakan lori untuk mengangkut hasil kebun yang nantinya dapat kita kumpulkan menjadi satu. Masalah yang muncul saat proses panen yaitu ketika turun hujan, areal jalan yang becek dan licin pasti akan menghambat proses pemetikan sekaligus pengumpulan karna pengaruh jalan yang licin dan dataran tebing akan sedikit berbahaya jika kita tetap melakukan proses pemanenan.
Kembali lagi ke judul di atas tentang Kendaraan yang cocok untuk pantau kebun sawit daerah pegunungan, maksud dari kendaraan untuk pantau kebun sawit adalah kendaraan sehari-hari yang kami gunakan untuk menaiki bukit lahan tanaman kelapa sawit. Tentunya agar cepat dan terjangkau kami menggunakan kendaraan roda dua. Kendaraan roda dua yang kami gunakan juga kendaraan lama yang sangat sederhana seperti hal nya Kawasaki KLX ataupun motor Special Engine sekelasnya tetapi kami menggunakan kendaraan yang populer dan bandel serta perawatanya enak yaitu yamaha f1zr.
Berikut adalah foto motor yamaha f1zr saat kami menaiki perkebunan kelapa sawit di gunung yang kami kelola

 

yamaha f1zr naik gunung

yamaha f1zr naik gunung

Seperti apa yamaha f1zr?
Yamaha f1zr adalah produk pabrikan yamaha lama yang sekarang memang kendaraan roda dua tersebut sudah tidak di produksi lagi,motor yamaha f1zr memiliki kapasitas mesin 2 tak namun body mesin bebek jadi lebih ringan jika kita bandingkan dengan moge-moge lain sehingga yamaha f1zr sangat cocok untuk kami gunakan di daerah pegunungan di perkampungan sebagai kendaraan pantau kebun sawit daerah bukit.

Mengapa kami memilih yamaha f1zr untuk pantau kebun daerah pegunungan?

Alasannya karna yamaha f1zr sangat relatif murah untuk kita miliki, harga nya pun untuk tahun di bawah 2007 hanya kisaran 4-6 juta. Lalu apakah mungkin motor bebek kita gunakan untuk naik gunung?
Tentunya sangat tidak mungkin karna pasti tebang akan nyangkut, lalu apa yang kami lakukan?
Kami hanya memberikan sedikit sentuhan agar motor tampil sedikit garang dan nantinya dapat kita gunakan dengan mudah tanpa hambatan untuk memacu daerah pegunungan. Berikut adalah gambar modifikasi motor yamaha f1zr body tril

f1zr modif trail

f1zr modif trail

Detail modifikasi :

• Setel komponen mesin agar kekuatan pacu lebih ganas, pasti ada orang-orang ahli mesin di daerah anda yang mengerti bagaimana menaikan kompres kendaraan agar kendaraan bandel dan prima
• Ganti shock depan dengan shock panjang agar ketika kita bisa loncat lobang
• Rombak body motor lepas semua komponen body dan hanya sisakan kerangka
• Tambahkan kerangka tambahan di bagian sasis depan dan sedikit di pendekan antara stang motor dengan jok dengan tujuan agar saat kita mengendarai motor di daerah pegunungan tidak susah dan tidak standing ke belakang
• Utamakan stang sedikit panjang agar kekuatan tangan lebih stabil saat memegang stang motor
• Ganti ban motor dengan ban bergigi supaya cengkraman ke tanah lebih maksimal untuk menghindari plesetan saat nanjak maupun turun.
Itulah cerita singkat dari kami seputar kendaraan yang cocok untuk daerah pegunungan
Semoga bermanfaat sekaligus menghibur.

Like dan Bagikan G+

Kendaraan yang cocok untuk pantau kebun sawit daerah pegunungan | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru