Lampu Indikator Radiator Vixion saya nyala, segera saya ke dealer!

by : admin. Posted in : Dunia Otomotif

Ini merupakan pengalaman pertama saya benerin Radiator vixiion ku, vixion saya keluaran tahun 2009 masih menggunakan desain lampu bulat. dari tahun 2009 baru 3 kali saya ganti air radiator 🙂 karna alhamdulillah selama saya menggunakan yamaha vixion sebagai alat untuk beraktivitas kesana kemari belum pernah yang namanya rewel atau macet di jalan. namun soal oli mesin saya selalu update kisaran 2 bulan saya ganti. saya menggunakan oli mesin helix untuk yamaha vixion saya ini, mengapa saya memilih helix karna daya tahan oli yang lumayan lama dan tidak gampang keruh.

kembali lagi ke masalah lampu indikator, awalnya pagi-pagi sekitar jam 8 saya berangkat ke kampus. jarak kosan dengan kampus tidak seberapa jauh berkisar antara 2 kiloan lah. tiba-tiba di tengah perjalanan kok lampu indikator radiator saya nyala warna merah sedangkan perjalanan saya tidak seberapa jauh. belok lah saya ke kiri karna takut ada efek dengan mesin jika saya teruskan. saya senggol mesin kok panas nya tidak karuan tidak seperti biasanya. bingung lah saya di situ. saya berenti sambil mikir antara lanjut kuliah atau pulang kerumah, akhirnya saya putuskan untuk pulang ke kontrakan yang kebetulan kontrakan saya tidak jauh dari dealer resmi yamaha. letak lampu indikator radiator jika spidometer vixion lama itu berada di bagian kanan seperti gambar di bawah ini

lampu indikator radiator yamaha vixion

lampu indikator radiator yamaha vixion

 

sampai di kosan saya buka laptop saya iseng-iseng nanya sama mbah gugel ” mengapa lampu indikator raditor saya nyala” ada banyak pilihan artikel yang kemudian saya pilih-pilih ada yang mengatakan penyebab lampu indikator nyala yaitu karna thermostat macet, ada juga yang bilang harus ganti thermostat. saya cari lagi berapa harga thermostat? ada yang bilang kisaran Rp.150.000. waduuh pas banget dompet lagi sempit 🙂 namun untung aja masih ada persediaan di ATM ya cukuplah buat ganti + servis motor 🙂

letak thermostat yamaha vixion di sebelah kanan tepat di belakang busi seperti gambar di bawah ini

letak thermostat vixion

letak thermostat vixion

sore-sore sekitar jam 2 saya berangkat lah ke dealer resmi yamaha di dekat kontrakan,  saya ceritakan keluhan motor vixion saya kenapa kok perjalanan dekat lampu indikator radiator nya nyala. akhirnya sama pihak dealer di cek dan saya minta sekalian di service. selang 15 menit kemudian saya di panggil dan pihak dealer memberikan penjelasan mengapa lampu indikator radiator saya hidup itu karna “air radiator nya kurang alias sudah mau habis” .  itu yang menyebabkan radiator cepat panas karna suplay air yang kurang optimal untuk proses perputaran air dalam cadangan. sehingga thermostat mendeteksi air dalam radiator sangat cepat panas menyebabkan lampu indikator nyala.

lalu saya tanya lagi: bagaimana dengan  thermostat nya om?

Tukan service : thermostat nya tidak apa-apa, untuk kemungkinan besar jika tadi tidak di bawa kesini cepat-cepat dalam waktu singkat dapat terjadi kerusakan pada thermostat, panas yang berlebihan hingga lampu indikator hidup pertanda bahwa mesin sudah melampaui tingkat kepanasan. akibatnya thermostat bisa macet dan harus di ganti + air radiator.

lalu pihak dealer menyarankan :

  • kuras + ganti air radiator yamacoolant Rp.31.000
  • ganti saringan udara/ air cleaner vixion Rp.27.000
  • biaya service ringan Rp.40.000
  • biaya ganti air radiator Rp.10.000

jadi total keseluruhan Rp.108.000

bukti faktur pembayaran

bukti faktur servis di dealer yamaha

bukti faktur servis di dealer yamaha

 

rekomendasi dari dealer untuk menggunakan yamacoolant sebagai air pendingin pada radiator yamaha vixion, harga yamacoolant Rp.31.000

gambar yamacoolant

air radiator yamacoolant untuk vixion

air radiator yamacoolant untuk vixion

 

gambar komponen radiator dari situs resmi yamaha indonesia

gambar komponen radiator yamaha vixion

gambar komponen radiator yamaha vixion

 

semoga pengalaman saya di atas dapat menambah refrensi anda jangan sampai membiarkan air radiator habis, segera cek dalam kurun waktu 1-2 bulan untuk kemudian di ganti dengan yang baru agar motor tetap normal tanpa hambatan.

salam vixioner

 

artikel lainnya Lampu Indikator Radiator Vixion saya nyala, segera saya ke dealer!

Thursday 25 August 2016 | Dunia Otomotif

Anda butuh dana cepat untuk modal usaha? anda berdomisili di lampung? anda punya mobil? Bagaimana caranya…

Thursday 23 October 2014 | Dunia Otomotif

Adiducation.com, Oli mesin sangat penting manfaat nya untuk motor, ibarat organ tubuh oli mesin di ibaratkan…

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

29 Responses to “Lampu Indikator Radiator Vixion saya nyala, segera saya ke dealer!”

  1. budyk says:

    Gan…kalo lampu indikator kuning nyala tpi gk kedip (1 or 1/2 detik) , ini nyala nya agak lama terutama saat berhenti dilampu merah..kira” kenapa yah ?

    • admin says:

      kalau lampu indikator vixion nyala warna kuning itu masalah kelistrikan gan,biasanya kiprok atau ada kabel body yang kurang normal

  2. PARLIAN says:

    kalo lampu indikator merah nyala sebelum mesin hidup kenapa???dan lampu indikator kuning slalu nyala saat mesin hidup kenapa gan

  3. sirin says:

    Misi Gan…?ane mau tanya klo lampu indi.kator nyala dua2nya kuining sm merah saat prtma kali msn di hidupkan dan stlah msn berhenti di strter gak bisa di engkol jg lm di hidupnya.trms

  4. jo wulan says:

    Gan ane mau tanya ……..
    LAMPU INDIKATOR sllu hidup …. saat jlan dan hidup berkedip” saat distarter itu masalahnya pada apa ya gan ,.,,,,,
    Aki baru 2 minkgu diganti ….

  5. Ricky says:

    Misi gan ….
    Ane mau tnya lampu indkator kuning menyalah terus,ane udh ganti aki 1bln yg lalu, tp hari ini tdk bs di starter, mau mnyalahkn mesin hrs engkol trs, minta solusinya donk gan…..

  6. Zeswara says:

    maaf gan mau tanya, knenapa lampu indikatornya tiba tiba menyala tanpa kedipan dan lama di tengah perjalanan, lampu indikator menyala seketika motor sedang berjalan dan saat jalan diatas 70km/jam mesin tiba2 seperti mau mogok seperti habis bensin tp lalu normal lg, nah stelah itu lampu indikator kuning baru lah menyala tanpa henti, apa yang bermasalah ?

  7. Dikus says:

    Misi gan mau tanya, ini masalahnya apa ya kok tiba2 lampu MILnya jadi berkedip 2x waktu dinyalain terus nggak bisa distater nggak mau, di engkol bisa tapi cm nyala bentar trs lgsg mati lagi. Kenapa ya ? Mohon bantuannya gan

  8. nasutionmadara@gmail.com says:

    Gan akhir” old vixion ane ini lampu kuning sama merah hidup bareng lalu mati bareng 1x cuma saat di onkan saat y gan?

  9. eddy darmawan says:

    Mau nanya gan lampu indikator kuning dan merah hdup bereng2 stalh to mati. .dstarter mesin abis to msein hudulnya gk normal apa ya pnyebab itu. . .

  10. eddy darmawan says:

    Mau nanya gan lampu indikator kuning dan merah hdup bereng2 stalh to mati. .dstarter mesin abis to mesin hidupnya gk normal apa ya pnyebab itu. . .

  11. akbar says:

    mau nanya gan lampu indikator saya yang warna kuning menyala terus saat mesin dinyalakan dan sering juga sementara jalan lampu indikator kuningnya menyala terus

  12. ecofilla says:

    Thanks bro atas infony pas bgt mtor sy jg th 2009 msalahny sm,cb nanti sy check air radiatorny

  13. ecofilla says:

    Gan mtor sy udah ganti aki udah kuras tangki jg udh cek kiprok n spulny msh bagus tp mslah indikator lampu kuning msh tetp nyala jg ketika lampu mtor sy nyalain klo lampu dmatiin indikator kuning jg ikut mati,sikring dah ganti jg apany lg yah yg bermsalah kira2 tolong minta masukany gan

  14. rizky says:

    ane pengguna nvl . .mau tanya kenapa tiba” kipas radiator nyala sendir saat mesin motor dimatikan lebih dari 3 jam? . .mohon pencerahannya eyang suhu

  15. Ezayful says:

    Ane mo nanya…Lampu indikator nvl ane jg merah pas perjalanan jauh..tpi klo jarak dekat nggak nyala se
    Apa itu perlu di ganti di kuras dulu.
    Apa cukup ditambahi aja min air radiatorx..thanks

  16. pupung says:

    Sya mau nnya om. Mtor ane kan habis diganti sekèrnya. Trus sya nylakan yg nyala kok yg merah aja ya om. Yg kuning gk nyala

  17. Asep.RM says:

    Mas mau nnya kenapa yah motor saya Mil merahnya nyala saat di perjalanan tapi saat di matiin gak ada pas kelamaan jalan lagi ada lagi itu apanya yah yang bermasalah?

  18. adam says:

    bang mau nanya sudah ganti air radiator ya tapi tetap lampu ml merah ya menyala.tapi pasa saya buka tempat.radiator sebalah kiri ada selang hitam ya yang retak.apakah itu penyebab tetap nyala lampu ml merah ya.di blz ya bang

  19. Eman sulaeman says:

    Om mau nanya nih lampu indikator ane mati pas di kontakin, tapi injeksina bunyi kira2 apanya ya om?
    ?mkasih

  20. doni says:

    Lampu indikator radiator saya kadang masih nyala walaupun sudah saya ganti coolant-nya. kira” kenapa pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *