Manfaat utama pupuk organik untuk tanaman sawit

Thursday, November 13th, 2014 - Dunia wirausaha

Apa sih pupuk organik? Bagaimana manfaat pupuk organik untuk tanaman? Pertanyaan itu muncul saat kita masih kelas 5 Sekolah Dasar. Sebelumnya kita di ajarkan untuk bagaimana cara merawat tanaman terutama di sekitaran rumah, agar tanaman mudah tumbuh dan berkembang kita di ajarkan untuk memberikan pupuk organik. Namun ketika sudah besar pikiran kita semakin luas tentang pemanfaatan pupuk organik.

Gambar di bawah ini adalah gambar pelepah daun sawit yang juga dapat di gunakan sebagai pupuk

pupuk kompos dari pelepah sawit

pupuk kompos dari pelepah sawit

Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari sisa-sisa tanaman,hewan ataupun manusia. Pupuk organik memiliki kandungan hara makro dan mikro yang rendah sehingga perlu di berikan dalam jumlah banyak. Manfaat utama pupuk organik adalah memperbaiki kesuburan kimia,fisik dan biologis tanah serta sumber-sumber hara bagi tanaman.
Beberapa contoh pupuk organik adalah pupuk kandang,kompos dan pupuk alam yang mengandung humus.pupuk organik dapat di buat dari berbagai jenis bahan,seperti limbah hasil panen,serbuk gergaji,kotoran hewan dan pupuk hijau.
Misalnya jika kita ingin memanfaatkan kotoran hewan seperti kambing kita bisa mendasain kandang kambing seperti gambar di bawah ini

desain kandang kambing penghasil pupuk organik

desain kandang kambing penghasil pupuk organik

Pupuk organik dapat di aplikasikan dalam bentuk segar atau kompos,penggunaan pupuk organik biasanya dalam jumlah banyak. Pupuk organik memiliki kelemahan di antaranya sulit dalam penempatanya dan membutuhkan waktu yang lama untuk dekomposisinya. Sementara itu kelebihanya yaitu untuk konservasi tanah dan air sebagai mulsa penutup tanah. Namun masih sangat sedikit petani yang dapat memproduksi pupuk organik dalam bentuk kotoran hewan sehingga masih sulit untuk di gunakan sebagai pemenuhan kebutuhan tanaman sawit yang luas.
Bahan organik berfungsi sebagai pengikat butiran tanah primer menjadi butiran sekunder dalam pembentukan agregat.keadaan ini berpengaruh terhadap penyimapanan air,penyediaan air dan suhu tanah.

Berikut adalah fungsi dari bahan organik :

• Menyediakan unsur hara (Zn,Mo,Co,Ca dan Mg)
• Meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK) tanah
• Sebagai sumber energi dan makanan mikro organisme tanah sehingga dapat meningkatkan produksi tanaman.
Itulah sedikit informasi mengenai manfaat untama pupuk organik untuk tanaman sawit tentunya membuat kelapa sawit semakin subur dan hijau.
Sebagian Sumber refrensi di ambil dari: Buku Kelapa Sawit Rustam Efendi Lubis & Agus Widanarko
Untuk lebih jelasnya silakan membeli buku di toko Gramedia terdekat.
Jika ada pertanyaan silakan berikan komentar anda di bawah. Semoga bermanfaat.

Like dan Bagikan G+

Manfaat utama pupuk organik untuk tanaman sawit | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru