Motor Yamaha vixion saya cepat panas karna terlalu lama tidak diganti oli

Friday, November 23rd, 2012 - Dunia Otomotif

Ngomongin soal motor pasti ada hubunganya dengan kenyamanan, sudah sekitar 6 tahun saya menunggangi produk dari Yamaha,yang pertama Yamaha Jupiter z yang keluaran ke dua warna biru dengan lampu hampir menyerupai burung hantu. Sebenarnya tidak ada trouble sih, nyaman juga karna selama hampir 3 tahun Alhamdulillah mesin belum pernah di buka, mungkin hanya kerusakan normal saja seperti ban bocor sama ganti rantai. Perawatanya juga tidak terlalu bikin ribet.

Nah ketika masuk kuliah beli lagi dari produk Yamaha juga yaitu Yamaha vixion tahun 2009. Dengan striping baru keluaran ke dua masih dengan desain lampu berbentuk bulat. Namun sekarang sudah sedikit saya rubah seperti gambar berikut:

yamaha vixion

yamaha vixion

 

 

 

 

 

 

 

 

undertail vixion

undertail vixion

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Saya striping dengan warna merah marun lihat di artkel saya sebelumnyaOngkos pasang striping atau skorlet merah marun pada motor Yamaha vixion dengan perubahan bentuk body belakang saya ganti dengan undertail harga undertail namun ada keluh kesaahnya juga pasang undertail,susah kalau musim hujan hehe. Dari stang standar saya ganti dengan stang jepit Berapa Harga stang jepit Yamaha vixion baru serta ongkos pasang??dan untuk velg nya sendiri saya cat secara manual dan sederhana Modifikasi pengecatan velg motor tanpa melepas ban lampu depan saya ganti dengan model stanlesLampu vixion bulat dengan model stanles karna sebelumnya terkena musibah motor jatuh ketika di bawa adik saya. semua kegiatan saya lakukan sendiri terkecuali undertail. Karna pemasangan undertail sedikit ribet serahkan saja pada bengkel terdekat sebelum fatal hehe

Saking asiknya modifikasi sampai lupa saya tidak memperhatikan keadaan mesin, bahkan oli pun belum saya ganti hampir 2 bulan hehe. Awalnya saya benar-benar lupa, saya taunya ketika tiba-tiba motor Yamaha vixion saya mulai tidak nyaman dengan ciri-ciri sebagai berikut:

• Mesin mulai berisik terlebih kalau di bawa dengan kecepatan lebih dari 60

• Mesin Cepat panas, hanya dengan jarak tempuh antara 1 km hingga 3 km radiator sudah bunyi. Radiator adalah salah satu komponen penting dalam motor Yamaha vixion, radiator berfungsi sebagai pendingin. Radiator mulai berkerja ketika keadaan mesin motor kita panas. Air radiator yang saya ketahui walaupun di pakai lama juga tidak akan habis, mungkin hanya berkurang sedikit. Pasalnya kita harus mengganti air radiator dengan yang baru(………….)

• Andel atau gigi mulai mengeras, biasanya saat turun atau naik andel akan timbul bunyi, biasanya akan susah di andel jika keadaan kompling tidak seberapa dalam.

Wasapadai jika motor anda ada tanda-tanda gejala seperti di atas, ada kemungkinan oli lesin minta diganti, biasanya untuk jenis motor produk dari Yamaha sudah di siapkan oli special dari Yamaha yaitu yamalube.

Saya pun dulu ketika motor masih baru juga menggunakan oli yamalube, namun saya sekarang beralih ke helix.

ganti oli yamaha

ganti oli yamaha

 

Kalau menurut pendapat saya waktu ganti oli jangan terpatok pada bulan, karna kebutuhan kita tentu saja berbeda-beda jika anda setiap hari rutin menggunkan sepeda motor untuk beraktifitas lebih dari 60km efektifnnya 40 hari pemakaian harus sudah diganti. Jika anda tidak berpedoman pada bulan sebaiknya lihat spidometer jika jarak tempuh minimal sudah mencapai 1000km atau 1200km sebaiknya diganti agar mesin aman terkendala. Cara menghitung dengan spidometer tentang berapa jarak tempuh selama beraktifitas, catatlah dahulu angka spido ketika mengganti oli hingga 1000km berikutnya baru diganti.

Menurut saya pribadi memang lebih mudah berpatokan pada angka spido, karna jarak lintas selama satu bulan itu tidak pasti. Semoga bermanfaat!

Like dan Bagikan G+

Motor Yamaha vixion saya cepat panas karna terlalu lama tidak diganti oli | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH
2 Comments

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru