Pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa/mahasiswi saat liburan semester

Apa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa/mahasiswi saat memasuki libur semester? Libur semester bagi mahasiswa/mahasiswi yang mengambil jurusan umum biasanya libur mulai 1 hingga 2 bulan.


Berjualan online saat liburan semester banyak di lakukan oleh mahasiswa/i untuk mencari uang jajan sendiri, lumayan dari pada nganggur nggak jelas di rumah. Di sini saya sedikit mencuplik hambatan-hambatan saat berjualan online. Saya mempunyai kawan cewek yang kuliah satu angkatan fokus ke jurusan marketing berinisial (AY) dia kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung. dan saat liburan semester dia menghabiskan waktunya untuk berjualan online melalui berbagai cara agar barang nya laku. Bauran promosi yang di lakukan yaitu melalui BBM (blackberry messenger) dan berbagai jejaring sosial lainya.

Beberapa pertanyaan yang saya lontarkan ke beliau

Apa produk yang anda jual?
AY : di sini saya menjual berbagai barang elektronik seperti gadget dengan berbagai merk, laptop, note book dan aksesoris gadget lainya.
Mengapa anda memilih usaha jualan online?
AY: karna jualan online itu jenis pekerjaan yang mudah-mudah sulit, mudah nya kita tidak perlu modal tinggal jualin produk orang, nanti jika barang laku kita dapet ve. Sulitnya jualan online banyak orang yang tidak percaya kepada kita.
Bagaimana cara anda berjualan?
AY: saya berjualan melalui BBM , tinggal share pin BB ke pesbuk di group2 jual beli online selanjutnya barang yang akan saya tawarkan dapat dengan mudah saya BC melalui bbm, jika ada yang berminat bisa langsung live chat di situ jika deal uang sudah di kirim barang akan segera di hantar. Untuk jarak yang sedikit jauh kita memakai jasa JNE.
Apa hambatan-hambatan atau tantangan saat berjualan online?

hambatan saat berjualan online

hambatan saat berjualan online

 

AY : tidak semua orang ngerti tentang jualan online terutama yang berdomisili di pedesaan yang kurang pesat akan informasi. Banyak juga yang nganggep kita penipu takut uang nya di kirim tapi barang nya tidak di kirim. Banyak juga yang kurang percacya nunggu harus ada barang baru mau keluar uang.
Kesimpulan : bagi yang ingin berjualan online sebaiknya sebentar-sebentar screenshot layar atau transaksi yang sudah berhasil di lakukan pada konsumen, agar crediblelitas konsumen lain tambah percaya kepada kita. Sebagai bukti bahwa kita benar-benar jualan online.

 

Leave a Comment