Prinsip membuat rumah bernuansa tropis tanpa AC

Thursday, March 12th, 2015 - Gambaran Rumah Modern

Rumah merupakan salah satu dari 3 kebutuhan jasmani manusia setelah sandang dan pangan. Sandang menurut orang jaman dulu di artikan sebagai aksesoris kebutuhan jasmani mulai dari baju,celana dan lain-lain. Sedangkan pangan merupakan kebutuhan jasmani melainkan makanan yang akan kita konsumsi sehari-hari untuk menambah energi agar dapat tetap dapat bertahan hidup. Dan papan merupakan kebutuhan akan tempat tinggal seseorang untuk menghindari diri dari terik matahari serta ketika hujan. Manusia sebagai mahluk hidup membutuhkan ketiga hal tersebut untuk tetap hidup bersama dengan mahluk sosial lainnya.


Jenis rumah pun berbeda-beda tergantung dari kapasitas sang pemilik rumah, secara demografi rumah di desa di desain dengan nuansa sederhana tanpa memikirkan ke arah modernisasi. Itu yang terjadi di desa saya hehe. Namun walaupun sederhana tanpa neko-neko rumah di pedesaan juga tidak kalah nyaman karna kondisi iklim yang segar efek masih banyaknya pohon-pohon rindang. Seperti lagu Gombloh yang sangat religius “ Lestari alamku lestari desaku, dimana tuhanku menitipkan aku.. nyanyi bocah-bocah di kala purnama nyanyikan pujaan untuk nusa.. damai saudaraku suburlah bumiku..”

Dan yang tinggal di perkotaan ada tips dari Arsitektur untuk membuat rumah nyaman bernuansa tropis :

Desain Atap

  • Atap harus mendapat perhatian khusus karna tidak hanya berfungsi sebagai penahan panas tetapi juga untuk menghindari tapias hujan. Atap dengan kemiringan antara 30-45 % efektif untuk mencegah jatuhnya air hujan di dalam rumah.
  • Buat teritisan atau kenopi topi pada bukaan, kenopi topi bisa terbuat dari genteng atau beton agar dapat menahan sinar matahari langsung ke dalam rumah.

 

topi teritis desain rumah

topi teritis desain rumah

  • Ciptakan ruang kosong antara plafon dan penutup atap, sehingga udara panas tidak langsung ti terima di ruangan. Dinding atap juga bisa di buat lubang untuk membuang panas dari atas plafon.
  • Jika ingin meniadakan plafon buat atapnya yang tinggi sehingga udara panas tidak turun ke bawah, selain itu lengkapi pula dengan ventilasi di sebelah atas untuk mengalirkan udara.
  • Ciptakan skylight jika tidak ada bukaan dari sisi dinding atau kanan kiri bangunan. Material nya bisa dari genteng atau kaca.

Pilihan Material

  • Pilihlah material yang dapat meredam panasnya matahari masuk ke dalam rumah seperti batu bata atau lapisan tambahan berupa batu alam.
  • Hindari pemakaian material kaca blok yang terlalu luas terutama dari sisi barat. Karna sinar matahari sire yang masuk ke dalam ruangan akan mengakibatkan panas. Gunakan pelindung tambahan seperti tirai, vertikal blind atau kerai di baliknya untuk menghindari panas yang masuk.

Tata Ruang

  • Atur penempatan ruang dari sisi barat yang berhadapan langsung dengan sinar matahari sore, karna akan menyimpan pemupukan panas bahkan setelah matahari terbenam. Hindari penempatan kamar tidur di sisi barat agar ruangan tidak terasa panas.
  • Desain dua lapis. Ruang-ruang dalam bangunan di tempatkan dalam posisi dua lapis. Ini di maksudkan agar masing-masing ruang dapat memiliki bukaan menghadap ke ruang luar.
  • Void, pada bangunan bertingkat ciptakan void agar terjadi koneksitas dan pergerakan antara lantai satu dan dua. Selain itu ruangan juga akan jadi lebih lapang.
  • Innercourt, buat lubang di tengah-tengah ruangan. Bisa berbentuk kolam, taman atau ruang terbuka. Fungsi Innercourt agar ruangan lebih dapat bernafas rumah di apit halaman depan dan belakang sehingga udara bebas keluar masuk ke dalam ruangan.

Itulah sedikit tips yang saya kutip dari prinsip-prinsip arsitektur topis dari salah satu media cetak.
Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Like dan Bagikan G+

Prinsip membuat rumah bernuansa tropis tanpa AC | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru