Saat di kontak lampu indikator dan dering injeksi vixion tidak bunyi?

by : admin. Posted in : Dunia Otomotif

Adiducation.com, mengapa Saat di kontak lampu indikator dan dering injeksi vixion tidak bunyi? ada apakah gerangan? sekedar berbagi info saja, minggu lalu motor vixion saya mengalami gangguan pada lampu radiator + suara injeksi (injection) yang tidak tahu kenapa kok tiba-tiba tidak hidup dan tidak ada suaranya. saya kira ini masalah yang fatal? di benak saya sudah terpikir motor tidak akan bisa bunyi orang pas di kontak injeksi nya aja tidak ada bunyi “nging” seperti biasanya πŸ™‚

lalu saya coba hidupkan pake kick stater (engkol manual) ternyata masih mau hidup, kebetulan pas lagi di jalan tanpa pikir panjang langsung saya geber biar cepet-cepet sampai rumah, ternyata sampai rumah saya matikan mesin lalu saya coba hidupkan kontak kembali kok masih sama saja tidak mau hidup lampu indikator yang di spidometer begitu juga dering injeksi nya.

saya sudah mulai panik mungkinkah injeksi saya yang sudah bermasalah karna kemakan usia? karna vixion saya sudah lumayan berumur keluaran tahun 2009 bulan agustus dan sebentar lagi bayar pajak πŸ™‚

karna saya takut mati di tengah jalan akhirnya keluar bawa motor kawan kebetulan saya ngontrak jadi serasa banyak motor padahal motor kawan πŸ™‚ pas pagi harinya ada kawan jauh yang pakai vixion juga ternyata pernah menglami hal serupa, lalu saya di suruh cek sekring motor vixion saya. memang sekring sudah dalam kondisi hampir lonyot bagian dalam nya, lalu saya coba ganti sekring kepunyaan kawan buat coba-coba. selesai di ganti sekdring motor kembali normal mau hidup lampu indikator dan dering injeksi nya pun terdengar. ternyata hanya kerusakan sepele, letak sekring yamaha vixion di bawah jok lihat gambar di bawah ini

letak sekring motor vixion

letak sekring motor vixion

 

cara ganti sekring yamaha vixion cukup mudah :

  • beli sekring terlebih dahulu harganya murah kisaran Rp.2.000 dengan kapasitas angka 20 tertera di sekring
  • buka jok motor
  • cari kotak warna putih
  • lalu lepas kancingan di sebelah kiri seperti gambar panah di atas
  • lepas sekring lalu ganti yang baru
  • selesai

seperti inilah wujud sekring yamaha vixion

gambar sekring yamaha vixion

gambar sekring yamaha vixion

 

waktu saya beli sekring sambil bertanya kepada pemilik bengkel

saya : om mau beli sekring buat motor yamaha vixion?

om-om : mau yang berapa ampere? kalau di buku manual standar vixion itu pakai 15A kadang ada juga yang memakai 20A

saya : apa perbedaan sekring 15A dan 20A ? berpengaruh tidak di motor saya?

om-om : sekering tujuannya untuk memutuskan aliran listrik dari aki ketika terjadi hubung singkat saja ? Jadi selama wiring nya motor tidak direkayasa aman-aman saja, hanya yang 20A lebih awet di banding 15A.

saya : iya udah om yang 20A saja.

 

Ciri-ciri sekring yamaha vixion mati :

  • saat di kendarai tiba-tiba motor sering mati secara mendadak
  • saat di kontak lampu indikator tidak nyala
  • dering injeksi tidak bunyi

itulah sedikit informasi dari saya semoga menambah refrensi anda.

silakan di share

 

artikel lainnya Saat di kontak lampu indikator dan dering injeksi vixion tidak bunyi?

Friday 3 April 2015 | Dunia Otomotif

Daftar harga jenis motor sport yamaha soprt terbaru 2015. Pabrikan yamaha juga tidak mau kalah saing…

Thursday 6 December 2012 | Dunia Otomotif

Tips merawat motor agar tetap mengkilap dapat di lakukan dengan trik sederhana tidak harus mahal, tips…

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

59 Responses to β€œSaat di kontak lampu indikator dan dering injeksi vixion tidak bunyi?”

  1. Muhammad Nofarin says:

    Kebetulan saya mengalami masalah yang sama dan saya coba terapkan cara Agan. Ternyata berhasil.
    Makasih, Gan…

  2. arry says:

    thanks, bro informasinya, sangat membantu, motor saya juga sama, pas di cek eh sekringnya dah rusak,

  3. wijaya dimas says:

    Kalo di kick stater tetep gak mau idup gimana bro ?

  4. nizzam says:

    Suara pompa bensin di tengki tidak ada ,gimana cara ngatasi?

  5. nizzam says:

    Suara di tangki pas dikontak gak ada gan?, palinng pas di hidupkan hanya 3 detik mati lagi

  6. wary says:

    Alhamdulilah ktemu juga info.a mkasi gan ?

  7. yoedhy says:

    klo lampu sein ga kedip2 alias nyala terus apa gara2 sekringnya juga gan?

  8. agus says:

    Jup z1 saya mati total sudah saya ganti aki , coel tetap tidak ada suara di injeksi dan pengapian apa penyebabnya?

    • mohza says:

      mtr viksion rider sy mati tiba2 spidometernya mati hidup n enginex mati hidup n d bwh tangkix kayak bunyi konselet gmn ne bos tlng ptunjukx bos..

  9. nabil kenzzo.18 says:

    thanks.four you k”.
    mksih bngt mdh”n brmnfaat.
    cuz kbtuln c.vixi putih ksyngn sy mati hr in splng krja.

  10. Bobi alian says:

    Terimah kasih mas sangat membantu

  11. Ndowan says:

    Gan ane ada masalah ni sama vixion ane sama seperti itu awalnya ane pasang lampu variasi melalui kabel soket rem belakang eh tiba2 pas di kontak lampu indikator gak nyala inkeksi juga gak bunyi apa itu ada hubunganya gan sama sekring ,, ?

  12. Ndowan says:

    gan ane udah ganti sekring yang baru kya yg di lkuin di ats tpi kok tetep gak nyala gan itu apanya kira kira yang perlu di ganti apa koil perlu di ganti gan ,, minta petunjuknya gan pliiisss

  13. fahmi says:

    mas vixion saya juga gitu…pas kontak udh on injeksinya nggak bunyi tp kalau pakai kick starter bisa idup motornya..td udh di cek sekring nya memang udh lonyot tp stlh d ganti tetap nggak mau nyala mas…kira2 mslhnya ap lgi ya

  14. Poetra says:

    Vixion sy thn 2014…sy mau tny.wkt sy starter nyala trus mati bgt strusnya sprt telat bensin.trus di spido gmbr sprt kran hidup mati hidup mati bgtu sterusnya…kendalanya apa mhn infox

  15. Nugroho says:

    Gan motor Vixion ane mati total kemaren habis ganti sekring udah normal tp setelah 2minggu gk dipakek malah gk bisa nyala kelistrikannya mohon dibantu gan..

  16. akbar says:

    makasih om , membantu banget , om jadi bisa ngegas lagi gue

  17. ASHAR says:

    MOTOR SAYA OLD VIXION LAMPU SEMUA MATI KALAU DI KONTAK,PADAHAL AKI MASI BAGUS SEKRINGNYA JUGA NGGK PUTUS ,TAPI SAAT SAYA LEPAS SEKRINGNYA DAN PASANG KEMBALI LAMPU INDIKATOR SEMUA HIDUP KEMBALI SEMUA,ITU MASALAHNYA APA?

  18. ASHAR says:

    old vixion
    kalo sekringnya dari 15 ampere diganti dengan 20 ampere bisa ndk?

  19. iand says:

    bos vixion saya indikator injeksi gk hidup tp ,di starter gk reaksi,,,swit belakang gk bunyi cetek jika kntak di on,tp di selah bisa,,,knapa ya,,,,

  20. Jamil says:

    Trimakasi om. Membantu bgt. Bsa gaspol lg gua. Thank

  21. Adibaseng says:

    vixion saya mengalami hal yang sama. on kunci kontak lampu indikator nyalanya kok berangsur2 alias lama sekali juga bunyi injeksi nya tidak ngiiing tapi klutuk kelutuk terus saya start elektrik..tidak bisa.saya tekan tombol klakson tdk bunyi, saya pikir kurang arus dari aki(aki lemah) tapi ternyata saya coba kick stater(engkol) hidup klakson nyaring seperti aki normal. saya coba ganti skring bekas tetap saja seperti awal hanya bisa dihidupkan dengan kick stater.
    skring saya amati tidak cacat tidak kelihatan ada yg putus trus apa tandanya sekring lemah? dan permasalahan nya dimana lagi?

  22. Elmo says:

    Gan ane habis bongkar hedlamp, stelah di pasang lg, tiba2 nvl ane mati total, stelah di cek trnyata ada pemasangan kabel yg salah, cuman smpe skarang blum hidup, apa karna skring ny putus??

  23. indra says:

    gan ane gnti lmpu 55/60 udh psg relay aki gnti pnya satria..tp klo tiap pagi..gada listrikx sma skali..itu apax ya gan??sekring jga sering leleh..mhon bntuanx

  24. ady putra says:

    kalo indikator nyala kemudian mati dan suara ngiung di teng tida ada dan stater maupun diengkol juga tetep ngga idup kira kira itu apanya ya gan vixion 2013

  25. andryapr says:

    Min, ko masih ga bisa idup yah? Msh gada bunyi nging. Dan belum bisa nyala. Kira kira apanya

  26. Babul jannah says:

    Gan.. Speda motor voxion pnya saya injeksi dalam tangkinya gak hidup tapi spedometernya nyala..,mohon di bantu gan….

  27. herry says:

    bang murah amat itu sekringnya 2rebu ?
    di bengkel tmpat saya 10rebu bang satunya ….

    tapi makasih infonya bang .

  28. fajar brotherz says:

    bos knapa motor vixion saya distater gak mau hdup, lampu indikator hdup, tapi suara injeksi tek.tek.tek..
    kira kira apa penyebabnya boss…??

  29. khosim says:

    Makasi atas infoxa gang. motor ane suda normal kembali. Cuma modal ganti sekringnya doang. ??

  30. Ramadan says:

    Makasih gan sangat bergun saranya?
    Motor saya nyala lg deh.

  31. Sanusi says:

    Gan old vixi ane dikontak ga nyala ,kick stater juga ga mau,lampu indikator kontak nya ga hidup dan suka mati saat jalan tp langsung hidup lg karna putaran mesin masih kenceng..
    Dan anehnya kalau saat mati total dalam keadaan berhenti, stang nya saya hetak ke kanan atau kiri kontaknya normal..
    Kira2 ada masalah apanya ya.mohon masukan gan atau dari yg lain..
    Trims

  32. chasel says:

    Om,, vixion sy lampu indikator netral nyala,, kelistrikan normal semuax, headlamp (kebetulan sy pake arus DC), stoplamp & bell jg normal tp gak ada bunyi ngiiing gitu saat kontak on pertama kalinya, di starter jg gak mau bunyi.. Permasalahanc dmna om?

  33. suprie ikhi kota pali sulteng says:

    Mohon bantuannya om vixi ane udah ganti sekring ,tp biasa mati sndiri nnti di pukul sekringya baru idup lg it masalah apanya ya om

  34. RIFQI says:

    Kalo sikring nya tidak putus gimana mas ? Lampu indikatornya mati juga dan gk bisa di stater

  35. MUFID says:

    Maaf gan minta infonya saya abis nyervis vixi saya di bngkel biasa .
    Tpi kok malah jadi cepet panas lampi ml .a jdi cepet nyala n kipas .a nyala terus malah sekarng meain udah dingin aja klo di hidupin kontak.a nyala terus gak mau mati dimana kesalahannya gn ada yg konslet apa yg rusak dimana

  36. chairul says:

    Terimakasih om atas ilmunya

  37. amzah says:

    thank’s Gan ilmunya sdh sy trpkan trnyata ..betulll skringnya yg d gantii..ttp sukses y gan smg ilmunya brmnfaat bwt orng yg mmbutuhkn…!

  38. alfiansah says:

    numpang tanya gan. knpa motor vixion gw mati ya klo buat boncengan. to klo sendiri bisa. nh masalah angkatan pertama klo mau jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *