Save Mode tidak bisa menghilangkan tanda silang merah di ikon baterai laptop?

Sunday, March 15th, 2015 - Dunia teknologi

Silang merah di ikon batere toshiba – Tanda silang merah dengan huruf x dengan notifikasi “ Consider replacing your battery” there is a problem with your battery so your computer might shut down suddenly. Maksud dari pembertitahuanitu adalah bawasanya baterai laptop kita sudah mulai soak alias rusak minta di ganti yang baru.
Laptop saya Toshiba Satellite C600 yang saya beli kisaran 2 tahun yang lalu dengan harga Rp.4.300.000. sebelumnya keadaan baterai normal bisa bertahan hingga 2 jam bahkan lebih tergantung dari kapasitas pemakain laptop untuk apa laptop itu di gunakan.

Awal mula muncul ikon tanda silang merah di baterai bermula ketika mati lampu seharian penuh, baterai laptop saya masih sekitar 50% kemudian saya pakai buat negcas handphone sampai laptop benar-benar kehabisan baterai. Setelah listrik menyala saya cas dan klik tombol power ketika laptop hidup sudah muncul ikon merah di baterai.
Saya kira itu hanya konsleting biasa, kemudian saya shut down lalu saya lepas baterai pikir saya hanya posisi baterai yang kurang pas, kemudian tekan tombol power laptop hidup namun tanda silang merah di baterai tetap tidak hilang. Kemudian saya cari-cari informasi googling sana googling sini ada tips untuk menghilangkan ikon merah tersebut dengan cara save mode.

  •  Pertama Charge baterai sampai full (99%-100%) lalu matikan laptop kamu. Disini jangan cabut dulu chargernya.
  • Kedua Hidupkan laptop lalu tekan F8 beberapa kali hingga muncul Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode. Biasanya jika hanya di tekan dua kali pun tidak muncul save mode, tekan cetak-cetuk intinya hingga muncul gambar seperti di bawah ini

 

klik f8 untuk save mode laptop

klik f8 untuk save mode laptop

  • Ketiga Setelah masuk Safe Mode barulah cabut charger laptop kamu.
  • Biarkan laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Jangan mengoperasikan laptop pada proses ini.
  • Setelah laptop mati, pasang charger laptop dan nyalakan laptop dengan normal seperti biasa. Jika itu berhasil maka tanda silang merah di baterai laptop akan hilang.

Namun apa yang terjadi pada laptop saya ikon tersebut tetap saja tidak mau hilang padahal jika baterai soak minta di ganti harus nya baterai tidak mampu bertahan hingga 2 jam namun baterai saya masih bertahan, berarti kan itu belum terlalu rusak. Namun di situ tanda silang merah sedikit mengganggu pengelihatan. Akhirnya saya hilangkan untuk kemudian di ganti dengan lambang baterai bar yang saya unduh dan kemudian saya instal.

Ini merupakan tips jitu hilangkan tanda silang merah di lambang baterai laptop

Pertama Turunkan dulu level baterai di Windows 7 dengan cara :

  • klik icon baterai -> More power options -> di power plan pilihan kamu,
  • klik Change plan settings -> Change advanced power settings -> Scroll kebawah, lalu expand Battery -> Ubah Low battery level menjadi 7% – Critical battery level menjadi 5% – Reserve baterry level menjadi 4%
  • Low battery action menjadi do nothing
  • Critical battery action menjadi Hibernate.

Lihat pengaturan seperti gambar di bawah ini :

Atur baterai terlebih dahulu

Atur baterai terlebih dahulu

Cara tersebut mengubah level baterai di Windows 7 dan action yang bakal dilakukan ketika baterai mencapai level tersebut.
Setelah itu search di mbah gugel “BatteryBar basic” unduh dan instal. Setelah selesai akan muncul ikon seperti gambar di bawah ini

Lambang BatteryBar basic

Lambang BatteryBar basic

Selanjutnya hilangkan lambang baterai asli bawaan dari laptop klik turn system icons on or off

Menghilangkan ikon baterai

Menghilangkan ikon baterai

Pilih icon power kemudian klik off, maka ikon baterai akan hilang dan di ganti dengan ikon baru BatteryBar basic.
Semoga bermanfaat.

Like dan Bagikan G+

Save Mode tidak bisa menghilangkan tanda silang merah di ikon baterai laptop? | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru