Tips ampuh mengerjakan skripsi/TA agar cepat selesai

Tuesday, August 4th, 2015 - Dunia Perguruan Tinggi

Ah memang denger kata-kata skripsi aja udah headown duluan, awal kuliah asik ketemu kawan-kawan baru, doi doi kece ah betah banget pokoknya di kampus hehe. Itu cerita manis diawalnya aja pada kenyataannya seiring berjalannya waktu kita pasti ketemu dengan fase-fase dimana kita mulai jenuh dengan yang namanya ngampus.

Awal semester satu masih seneng-senengnya amat sangat masih rajin-rajinya masuk kuliah, bisa di katakan kita masuk pukul 08.00 kita udah stay di lorong nunggu dosen biar dikira anak rajin hehe (Topeng). Masuk semester pertengahan (semester 5) kaki ini udah mulai berat untuk di gerakin jalan menuju gerbang kampus. Telat 10 sampai 15 menit itu udah jadi makanan sehari-hari. Lhoo kok bisa telat?? Rumahnya jauh kah? Atau karena ban motor bocor? Ah ibarat kata lagu lama di puter ulang semua alesan semacam itu udah bosen juga ibu bapak dosen dengernya. Faktanya kita lebih asik nongkrong di Kantin kampus ketawa-ketawa nggak ada tujuan sambil nunggu dosen masuk tapi kitanya yang nggak masuk-masuk (haha).

Waktu santaimu sudah habis nak (memasuki semester 7) apalagi dengerin kawan-kawan yang rajin udah mulai bahas-bahas judul skripsi. Seolah kehidupan di puter ulang lagi 180 derajat, dari yang malas-malasan harus sibuk cari referensi judul skripsi cari hoki sana-sini. Malu kalau harus kuliah ngelebihin waktu standar dan harus bareng sama adek-adek tingkat yang masih lucu unyu-unyu dengan gaya polosnya. “Satu hari menunda skripsi = Satu hari menunda pernikahan “ itu kata-kata di kutip dari status bbm temen hehe.

Giliran udah nemu judul udah di acc masih males juga buat ngerjain skripsi, ada aja gangguan yang harus sibuk menghabiskan waktu asik-asik dengan kawan dengan gebetan-gebetan yang udah ada di play list ah ada aja pokoknya yang buat males. Seolah pikiran kita udah di racuni kata-kata “ ah santai ajalah semester depan kan tinggal skripsi” tapi pada kenyataanya waktu akan terus berjalan.

“hey guysss !! skripsi itu bukan momok yang harus di takuti, bukan juga gebetan yang harus di dekati perlahan dengan santai melow berharap bakal happy endink.

Skripsi itu ibarat “seni lukis” kita perlu proses bertahap sedikit demi sedikit untuk membuat lukisan yang indah. dengan asumsi terus menggerakan tangan memanfaatkan otak untuk terus mengukir indah di setiap BAB secara berkelanjutan hingga mendapat acc sidang dari pembimbing hehe.

Di sini ada beberapa tips mengerjakan skripsi yang saya kumpulkan dari beberapa teman

  • Singkirkan dulu yang namanya “Pacaran” (Kata Adi Tampan)

Yah memang benar saja tidak selalu pacaran itu selalu berdampak positif, memberi motivasi, memberi semangat, memberi dorongan untuk pacar agar skripsi cepat selesai??? Power of love/ menjadikan cinta sebagai kekuatan?? Ah pacaran nggak semanis itu guys !! banyak cerita dari curhatan teman yang sudah saya kumpulkan bawasanya mereka selalu bilang “males banget sih ngerjain skripsi, mana doi marah-marah terus lagi karena gue nya sibuk” . “aduh doi gue ini sekarang cuek lah semenjak gue sibukin diri garap skripsi “. Kata-kata semacam itu sudah sangat sering saya dengar walaupun sebenarnya tidak semuanya seperti itu hehe tapi kebanyakan moment pacaran pas skripsi itu faktanya sedikit menggangu.

  • Menjaga kesehatan dengan baik ( Kata Putra Jangek)

Nah ini yang perlu dijadikan menu utama setiap mahasiswa dalam menggarap skripsinya, belajar ! belajar ! belajar ! belajar sampe larut malam setiap hari di porsir dengan harapan skripsi biar cepet selesai. Hey dirimu bukan robot, tetap pada pola hidup sehat seperti biasanya hanya saja namun dengan target penggarapan yang jelas sesuaikan dengan schedule yang telah di buat.

  • Membuat Penargetan (Schedule Versi Adi Tampan 😀 )

Buatlah target dengan asumsi perhitungan sebagai berikut :

               1 Semester = 6 bulan

                6 bulan = 24 minggu

                1 minggu = 7 hari

Penargetan = 7 hari harus bisa bimbingan minimal 2 kali dengan asumsi 3 minggu acc BAB 1 (6 kali bimbingan)

Untuk Bab 2 dan selanjutnya usahakan 6 kali bimbingan (3 minggu) bisa lanjut ke Bab selanjutnya. Jika skripsi hanya sampai Bab 5 kesimpulan saran berarti waktu yang di habiskan 15 minggu. Masih ada 8 minggu lagi untuk waktu eror jika skripsi tiap waktu tidak sesuai target sekalian finishing lampiran, daftar pustaka dan apapun yang di perlukan didalamnya.

  • Kurangi kegiatan yang tidak penting (Ahmad Rala Irza)

Mengapa harus dikurangi ? tujuannya agar anda lebih fokus pada skripsi anda sehingga anda tidak terganggu dengan aktivitas lainnya.

  • Berdoalah kepada Allah (Brian T.H)

Terkadang kita lupa untuk berdoa, padahal doa itu bukan hanya setelah kita berikhtiar akan tetapi sebelum kita berikhtiar, Sehingga skripsi kita dalam pengerjaannya selalu dapat diberikan jalan kemudahan dan dapat segera diselesaikan.

Semoga bermanfaat guys dan selamat berjuang para sang juara!!

Adi ducation.com

Adi ducation.com

Search Engine Keyword : Tips ampuh mengerjakan skripsi matematika, Tips ampuh mengerjakan skripsi ekonomi, Tips ampuh mengerjakan skripsi jurusan komputer, Tips ampuh mengerjakan skripsi FKIP.

Like dan Bagikan G+

Tips ampuh mengerjakan skripsi/TA agar cepat selesai | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH
One Comment

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru