Tips cara membedakan lowongan kerja asli dan palsu trend 2016

Monday, January 11th, 2016 - Dunia Perguruan Tinggi

Tips cara membedakan lowongan kerja asli dan palsu trend 2016 – Berbicara soal lowongan kerja tentunya tidak jauh dari fenomena pengangguran terdidik saat ini. Di jaman sekarang semua bisa i palsukan hanya untuk mencari keuntungan semata tanpa memikirkan nasib masa depan seseorang. apa jadinya jika kita terus hidup di era yang penuh kepalsuan semacam ini?

Apalagi sekarang sistem rekrutmen karyawan benar-benar tidak selektif, orang yang dari keluarga tulang besar selalu di utamakan, terlebih jika ada saudara atau kelompok kepentingan yang sudah masuk ke perusahaan. bagaimana nasib orang yang sedang mau bangkit dan tidak memiliki sanak saudara di perusahaan yang akan di lamar?

Di sini saya akan memberikan sedikit tips cara membedakan lowongan pekerjaan yang asli dan palsu, belum lama ini saya melihat ada lowongan pekerjaan di perusahaan bonafide sebut saja perusahaan XYZ. Saya melamar lewat e-mail baru hitungan jam dapat SMS di jadwalkan interview entah dari siapa yang mengatas namakan perusahaan tersebut yang saya lamar. SMS nya bukan hanya sekali bahkan berkali-kali, di situ saya mulai curiga perusahaan bonafide kok segitunya. akhirnya saya searching cari referensi di gugel terkait keganjalan saya. Di situ saya mendapat referensi suruh cek di website resminya perusahaan setelah saya cek tiak ada info lowongan dan ternyata lowongan tersebut hanya sebagai kedok para oknum nakal travel yang sengaja mau meraup untung dari perjalanan kita. harap berhati-hati kejadian ini sudah banyak menelan korban.

awas banyak penipuan saat interview

awas banyak penipuan saat interview

Berikut adalah 7 tips membedakan lowongan pekerjaan asli atau palsu

  • Iklan melalui SMS

Perusahaan bonafide lebih memilih beriklan menggunakan media terpercaya, lembaga pusat karir atau melalui website resmi perusahaan.

  • Menggunakan provider yang umum di gunakan

Perusahaan profesional akan menggunakan nomor telepon berbeda misalnya customer service pertamina (021) 500 000 dan sebagainya.

  • Posting iklan bukan di website resmi

Ketika mendapat lowongan kerja bukan dari website resmi perusahaan, anda harus mencermati kembali apakah iklan yang i lihat menyertakan website resmi perusahaan.

  • Hosting gratisan

Biasanya lowongan kerja mencantumkan alamat e-mail yang dapat anda gunakan untuk memasukan lamaran. Tim rekrutmen perusahaan bonafide pasti memiliki hosting e-mail sendiri yang tidak gratisan seperti yahoo ataupun gmail.

  • Header, isi dan tanda tangan tidak sesuai

Bila di lihat secara cermat kesesuaian header, isi dan tanda tangan pada iklan lowongan dan panggilan kerja palsu tidak sesuai dengan yang sebernarnya. Format penulisan tidak sesuai dengan EYD dan mencantumkan nama rekrutment fiktif.

  • Meminta sejumlah uang

Untuk melakukan pengecekan anda dapat menghubungi nomor yang tertera di iklan, ketika di hubungi dia meminta sejumlah uang untuk biaya akomodasi dapat di pastikan iklan yang anda baca palsu.

  • Mencantumkan alamat fiktif

Kebanyakan iklan lowongan palsu mencantumkan alamat fiktif, anda bisa mengecek langsung ke alamat atau website resmi perusahaan.

Cara membedakan lowongan kerja asli dan palsu

Cara membedakan lowongan kerja asli dan palsu

Di atas adalah Tips cara membedakan lowongan kerja asli dan palsu trend 2016, silakan di share agar teman beserta saudara kita tidak ada yang tertipu.

 

Sumber referensi media cetak tribun lampung.

Like dan Bagikan G+

Tips cara membedakan lowongan kerja asli dan palsu trend 2016 | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru