Tips sederhana merawat rantai motor yang efektif dan efisien

Wednesday, November 21st, 2012 - Dunia Otomotif

Bagaimana cara merawat rantai motor yang benar? Tahan lama? Dan tanpa hambatan. Saya akan sedikit berbagi informasi tentang bagaimana cara merawat rantai motor.

Rantai dalah bagian penting atau salah satu komponen yang di butuhkan untuk menjalankan roda belakang terkecuali motor matic. Seperti halnya rantai makanan pada mahluk hidup,jika tidak ada satu komponen saja maka komponen berikutnya tidak akan dapat berjalan. Perawatan rantai itu penting sekali di lakukan, mengapa demikian?? Agar rantai aman atau tidak putus di jalan terlebih sering melakukan berbagai aktifitas sehari-hari menggunakan sepeda motor. Salah satu cara atau alternative sederhana yang dapat di lakukan untuk membuat rantai awet antara lain:

1.BERSIHKAN RANTAI SECARA TERATUR KETIKA MENCUCI MOTOR

bersihkan rantai secara teratur

bersihkan rantai secara teratur

 

Biasanya rantai yang kotor akan menjadi boomerang bahaya rantai putus di jalan, mengapa deikian? Karna rantai yang kotor terlebih terkena air hujan akan mudah berkarat dan membuat tarikan motor lebih berat. Biasanya di tandai dengan adanya bunyi berisik pada motor ketika menarik beban atau jalan yang cenderung vertical. Alat pembersih sederhana bisa menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk menyikat bagian rantai dengan sabun atau rinso untuk menghilanggkan kotoran yang tersumbat pada rantai. Setelah di cuci bersih lakukan hal kedua yaitu:

2.SEMPROTKAN PELUMAS RANTAI ATAU CHAIN LUBE

Untuk pelumas yang terbagus sendiri saya juga belum seberapa paham, namun biasanya saya menguunakan kit motor chain lube.

pelumas rantai atau chain lube

pelumas rantai atau chain lube

 

Menurut saya pribadi kit motor sudah cukup bagus untuk di jadikan option pelumas rantai motor anda. Mengapa demikan??

Karna yang saya rasakan realitanya sebelum saya menggunakan pelumas chain lube saya biasa pakai teknik sederhana yaitu memakai minyak goring atau oli bekas sebagai pelumas hehe. Alahasil sangat mengecewakan. Setiap seminggu sekali harus menyetel rantai yang kendor. Ternyata asal-asalan pelumas rantai itu membuat rantai memanjang sampai-sampai harus memotong/mengurangi mata rantai karna indeks pengaturanya sudah melampaui batas. Namun setelah saya menggunakan kit motor sebagai pelumas sudah hampir mau satu bulan rantai tetap stabil. Berapa kali saya harus memberikan pelumas rantai??

Yaitu kisaran satu minggu sekali saya menyemprotkan pelumas terlebih saat musim hujan setiap kali saya habis mencuci motor.

3.SETEl TEGANGAN RANTAI MOTOR

setel tegangan rantai

setel tegangan rantai

 

Saat menyetel tegangan rantai usahakan jangan terlalu tegang namun jangan juga terlalu kendor, pasalnya jika terlalu tegang daya atau beban yang di tarik motor akan semakin berat ini akan menyebabkan mesin motor cepat panas, namun juga jangan terlalu kendor karna jika terlalu kendor rantai akan berputar tidak stabil biasanya di sertai dengan bunyi berisik. Ini dapat menyebabkan bahaya karna tidak menutup kemungkinan rantai akan dol atau lepas dari gir , apalagi jika jalan yang di tempuh kurang bagus.

 

Pertanyaan singkat seputar tips merawat rantai motor:

•Kisaran berapa bulan sekali saya harus menyetel rantai?

tergantung dari seberapa agresifnya anda berkendara,rantai harusnya di periksa setiap spidometer mencapai 800-1000km atau 2 kali dalam sebu

•apa jenis rantai yang awet untuk  kendaraan bermotor?

tentu saja jenis rantai ORI dari dealer ataupun rantai dengan merek branded, namun ada cara untuk memilih rantai yang baik yaitu di lihat dari mata rantai yang berwarna mengkilap dan mempunyai mata rantai yang sedikit tebal walaupun bukan ori tapi insyaallah.

 •berapa hari sekali saya harus menggunakan pelumas?

gunakan pelumas rantai setiap satu minggu sekali atau sehabis mencuci agar kondisi rantai tetap licin dan aman terjaga.

sedikit informasi dari saya semoga bermanfaat!!

Like dan Bagikan G+

Tips sederhana merawat rantai motor yang efektif dan efisien | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH
2 Comments

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-mail

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berlangganan Artikel Terbaru