Hampir saja saya tertipu karna colokan kiprok kendor

by : admin. Posted in : Dunia Otomotif

Adiducation.com, Hampir saja saya tertipu karna colokan kiprok kendor. ternyata membiarkan motor rusak kelamaan itu bisa merambat ke komponen-komponen yang lain. sebelum nya saya akan sedikit bercerita tentang motor yamaha vixion saya yang tiba-tiba mrebet, saya sempat bingung karna saya orang awam dan kurang begitu paham mengenai motor injeksi.

 

vixion merah marun

vixion merah marun

motor mberebet sedikit tidak wajar dari biasanya, saya kira karna fuel pump yang kotor dan kurang stabil, biasanya kalau suara sedikit mberebet saya isi pertamax selesai motor kembali normal. tapi ini lain dari pada biasanya, kisaran 3 hari saya biarkan mbrebet tidak ilang-ilang palah tambah parah, dan aneh nya lagi mbrebet nya pas kalau motor dalam keadaan panas, sangat terasa ketika belok dan kemudian tarik gas kembali motor mberebet nya semakin parah, palah pernah sesekali mati di jalan.

karna sudah tidak wajar akhir nya tepat pada hari Senin Pukul 10.00 WIB saya larikan ke dealer resmi yamaha terdekat, jam 10 pagi dealer sudah ngantri sudah nomor urut sekitar 9 motor yang sudah masuk. dan akhir nya saya harus menunggu, setelah selang waktu kisaran satu setengah jam baru motor saya di sentuh oleh salah satu mekanik di dealer yamaha tersebut. di cek katanya kerusakan pada angka 46 yang berarti pada kelistrikan yang kurang stabil. setelah di buka spul gosong entah karna ada kabel konslet mungkin karna pernah saya pasang lampu variasi. akhir nya harus ganti spul. di cek lagi busi rusak karna hampir  tahun belum pernah ganti busi, namun injeksi di periksa masih dalam kondisi oke. kemudian mekanik nya bilang kalau tidak sembuh harus ganti kiprok, karna budget saya kurang kemudian saya ganti spul dan busi nya terlebih dahulu dengan rincian biaya sebagai berikut :

  • SPUL /STATOR ASSY(3C11) Rp.188.000
  • BUSI /PLUG SPARK (NGK R.CR8E)3C11 Rp.13.500
  • Biaya service Rp.60.000

semua sudah selesai sudah oke, selang 1 hari saya service motor saya bawa ngampus sampe di tengah jalan kok lampu indikator warna kuning hidup terus tanpa kedip terus jarum gas kok tidak bergerak sama sekali, pikiran saya sudah down karna pasti harus ganti kiprok. karna lampu kedip kuning menunjukan kelistrikan yang kurang stabil, fungsi kiprok sendiri yaitu sebagai charging accu atau pengecas aki. kalau aki tekor pasti motor mbrebet, letak kiprok di bagian kiri body motor vixion

 

letak kiprok vixion

letak kiprok vixion

kemudian saya bawa ke bengkel kawan yang tidak jauh dari rumah,iseng-iseng ngecek apakah benar kiprok harus di ganti. sebentar di otak-atik di cek kiprok masih bisa ngecas tapi kok aki bisa tekor?

ternyata masalah nya hanya pada colokan kiprok yang sudah kendor atau lower karna kena panas, di tambah lagi colokan sudah sedikit berkarat. akhirnya di bersihkan dan di buat sedikit sempit agar cengkraman colokan lebih erat, dan alhasil ternyata berhasil. horeee 🙂

colokan pada kiprok

colokan pada kiprok

dari situ ada satu hal yang bisa kita petik sebelum ganti kiprok vixion, karna harga kiprok juga lumayan mahal kisaran Rp.250.000. periksalah terlebih dahulu minta bantuan bengkel yang sudah berpengalaman apakah kiprok sudah tidak bisa ngecas atau hanya rusak tidak stabil pada colokan.

itulah sedikit pengalaman dari saya, apakah anda pernah ada masalah pada kiprok motor??

silakan berikan komentar sebagai wujud partisipasi 🙂

artikel lainnya Hampir saja saya tertipu karna colokan kiprok kendor

Thursday 25 August 2016 | Dunia Otomotif

Anda butuh dana cepat untuk modal usaha? anda berdomisili di lampung? anda punya mobil? Bagaimana caranya…

Tuesday 13 January 2015 | Dunia Otomotif

Mengapa mengendarai motor ban kempes itu berbahaya? Saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya mengendarai motor…

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

36 Responses to “Hampir saja saya tertipu karna colokan kiprok kendor”

  1. Blog Cyber Purwakarta says:

    Haha makasih gan semoga ga ketipu juga ane.

    Blog Purwakarta | Tutorial Facebook | Blogger

    • admin says:

      hehe iya gan.. semoga membantu

    • Gheo rorong says:

      Thank you Bro berkat Postingan anda saya tidak jadi ganti Kirpok
      Sx lagi thank you brother
      Salam anak manado

    • farid says:

      Motor saya persis kejadiannya kaya gitu gan sampai skrg blm lepas Dr yg namanya mbrebet kalau mesin sudah panas kiprok pun panas bngt . Lmpu indikator nyala dan jarum Speedo meter turun tidak mau naik. Kalau sen di nyalain jarum ngikut goyang

      Tolong sarannya gan ?

  2. sahlan says:

    Motor ane mati total bang pompa bensin juga mati. Pa mungkin kiproknya. Terimakasih

  3. aqsol says:

    bang ane ada cerita dikit nih, minta bantuan nya yak .

    motor vixion punya babeh saya ini dibeli 3 tahun yang lalu tahun 2011, tahun pertama doang lumayan sering dipake ama babeh ane buat kerja, dari tahun 2012 sampe skarang sangat jarang banget dipake, belum tentu sebulan sekali juga. barulah seminggu ini mulai ane pake buat skolah. ane kelas 1 smk dan ane bener2 ga ngerti tentang motor, babeh ane juga , jadi kalo ada apa2 langsung aja di bawa ke bengkel. nah kemaren ane baru aja ganti aki karena udah mati total. ok tuh. ke-esokan paginya motor ane mati lagi, pas berangkat skolah lagi, mampir di bengkel katanya busi nya harus ganti, karena ane ga ngerti apa2 ya langsung aja ane ganti namanya juga buru2 skolah. nah plg skolah mrebet lagi trus mati . di bawa ke bengkel katanya kiprok nya harus ganti, nahlu apaan lagi tuh. ternyata si pemilik bengkel kecil2lan itu kaga jual kiprok tapi dia nyari ke tempat laen ane disuruh nunggu. balik lah dia setelah nyari kiprok, ngelapor ke saya dia bilang harga kiprok nya 460.000 . beh gile bener pikir saya, duit saya di dompet cuman pas 200.000. mana android ane lagi ga ada kuota, kalo ada pasti ane browsing dulu di internet cari tau tntang harga kiprok. mau gmna lagi saya bilang , harga 460.000 , duit ane cuman 200.000 , perjalanan ane ke rumah juga masih jauh. akhirnya ane negoisasi. ane minta dia nombokin 260.000 nya, dan ane bersedia stnk ane ditahan, besok ane bayar 260.000 nya . Ok dia setuju .pulang dah ane dengan hati agak ngeri2 gitu, takut babeh ane ngomel . nah setelah melihat artikel ente nih bang, ane merasa dirugikan banget . abang ada solusi ga nih bang . bsok ane kudu bayarin 260.000 nya.

    • aqsol says:

      sama ane minta no telp abang dong atau akun medsos apa aja, biar kalo ada masalah apa2 ane bisa nanya ke abang . terimakasih

    • admin says:

      hehe kalau udh di beli apa bisa di kembaliin lagi, kalo punya ane sih colokan nya itu udh sedikit lower.. pertama ane jga di suruh ganti kiprok, tau sendiri emang harga kiprok mahal dan ane bener-bener lagi gak ada duit.. 🙂
      ane coba otak-atik colokan nya kok jadi ..

  4. dany says:

    Kiprox harganya d bengkel2 cm 251 rb gan.kl d kebon jeruk tmpat grosiranya cm 245 rb.selisih 6 rb.

  5. ian says:

    gan, ane mau nanya kok motor ane udah dicek pengisian ke akinya juga masih kecil ya.. padahal udah di cek katanya masih bagus dari spull, kiprok, sama aki ane masih bagus semua.. terus apanya lagi yang salah? Mohon balesannya gan..

  6. jony says:

    kejadiannya jg sama dengan saya, waktu itu vixion saya kalau lampu utama dinyalakan dan tuas rem di tekan langsung mesinnya mati. saya cek akinya ternyata masih bagus terus bawa ke bengkel resmi mekaniknya bilang kiproknya yang rusak, terpaksa saya ganti kiprok yang baru harganya Rp. 300.000, tapi masalahnya tidak hilang juga…terus tman saya bilang coba cek sekringnya mungkin sudah harus diganti atau kalau kotor coba dibersihkan,,,setelah dibersihkan Vixion saya sampai sekarang normal kembali….ternyata masalahnya hanya sepele sj….

  7. Ryanerz says:

    bor,,ane mau nannya,,motor ane vixion lama ,,sekitar seminggu yg lalu motor tiba2 kaya keabisan daya gitu,,brebet,,lampu indicator juga nyala mulu,nah ane kira masalahnya aki abis,,ane beli aki lokal ternyata pas jalan agak jauh kaya gitu lagy ,, karna keadaanya mepet ane beli aki baru(GS),,soalnya besok mau ngawal keluarga ada yg meninggal,,terus ane bawa ke bengkel yamaha ,, ane udah 2x beli aki,masih sama penyakitnya,ane curiga sama keprognya..nah keprog udah ane ganti nih. ko masih kaya gitu lagi yah kejadianya, malah tambah parah,,indikator merah disampingnya malah ikut2an nyala skrg,,apakah spul ? terima kasih mas,,mohon bantuanya,,.

    • admin says:

      kalaupun semisal kiprok ndak bermasalah pasti ada konsleting kabel yang menyebabkan kiprok ndak bisa ngecas aki akibatnya aki loyo indikator merah nyala itu karna ada konsleting listrik ataupun suplai daya listrik dari aki yang kurang optimal om. coba aja cek kabel body pasti ada yg konslet

  8. Risang says:

    Ane jg ngalamin masalah kelistrija bertepatan di tahun ke5 vixion ane.
    Cek ricej di beres yamaha salah satu kabel spull gosong.ganti spull baru deh.eh masih jg ngadat.chek ke bengkel langganan coba test pk kiprok laen spedo msh nol tapi kalo lampu mati spedo normal.kondisi pengecekan aki msh terpasang.kata montirnya akinya lemah.padahal aki umur baru 7 bulan.mau coba ganti akinya aja kayaknya.mudah2an berhasil.

    • vaisal says:

      kondisi motor ane jg agan risang.., motor ane jg dah di tahun ke 5. ane bingung ni masalahnya apa ya ?? aki sudah baru, tapi setelah dipakai 1 hari dengan lampu menyalah semua, eh masalah semula dateng lagi yaitu jarum rpm naik turun kemudian diam di nol. mohon bantuan sharingnya klo masalahnya sama trims

  9. i.vun says:

    Ane bru nyobaya nh tdi sore, colokan k kiproknya ane bersihin trs ane kencengin, dan sikring ane tdi beli d bengkel adanya yg 15A, msn langsung normal, liat nanti apakah kambuh lagi mrebetnya, apakah klo mbrebet lagi hrs ganti kiprok ya min?

  10. ipun says:

    Ane tdi sore bru aja coba ganti sikring yg 15A + ngencekin soket kiprok, mesin langsung normal, trs apakah klo mesin brebet lgi trs Rpm mental2 apakah hrs ganti kiprok ga Min?

  11. Deddy says:

    Halo gan,

    aneh juga ngalami motor vixion yg sama. awalnya habis service, lampu rpm orange nyalah trus tapi kadang2 mati juga. kalau lampu depan nyalah lampu orange mati tapi kadang hidup jg.
    sdh ada 1 bln bw ke bengkel , katanya akinya lemah dan harus ganti. setelah diganti , lampu orange tetap nyalah. kata teknisinya hrs ganti kiprok dan spull. sy cb pegang kiprok cpt panas. kira2 solusinya bgmn ya gan, mohon infonya . ths

  12. kulle jalung says:

    vixionku jg sm penyakitnya, pulang lebaran kmren AKI mtrku tekor kata mekanik sich AKIx abal2 tuch, y trs sy ganti AKI tp gk smpai 1 minggu tekor lagi+Lampu depan mati gk bs nyala, dan ganti AKI lagi sekali sm aja Tekor lagi, skringx yg 20amp msh bgs, tp td pg sy coba trik terakhir dari admin, td sih emang krg fres colokan Kiprokx mg aja berhasil.

  13. ady says:

    ternyata penglaman mas bro sama persis dengan permasalahan yang sedang saya hadapi saat ini 5 hari yang lalu saya pun sempat mengganti aki di deler resmi yamaha karna aki yang terdahulu sempat soak saya pikir karna sudah 3 tahun tidak di ganti makan nya saya ganti yang baru tapi setelah selang 5 hari service motor vixion saya ngeberebet lalu gx lama kmudian mati total ternyata aki yg baru di ganti sudah tekor padahal deler bilang kiprok dalam kondisi baik kalau boleh mas bro minta saran nya untuk masalah motor saya …..karna sudah saya coba trik dari mas bro tentang socket kiprok yang kendor, tapai masih bermasalah

    • harto says:

      Sedikit masukan bahwa komponen pengisian terdiri Dari : sepul magnit,kiprok, Dan aki….. Jadi selain soket kiprok ada baiknya diperiksa soket sepulnya juga….Rumah sekring….Dan kabel2 nya….

  14. Rahman says:

    min.. OVI ku kenapa sering mendadak ilang ya kelistrikannya dan untuk menghidupkannya perlu di kick starter dan waktu aku coba pegang kiproknya kok panas banget.. apa itu penyebabnya?? atau ada yang perlu dicek komponen lain?? sedangkan aki masih baru dan sekring tidak putus. mohon infonya..

  15. asep says:

    Motor vixion saya klo dipake jarak jauh aki langsung panas, malahan sampe ngebul. Lampu indikator nyala terus. Apakah penyebabnya dari kiprok? Mohon info

  16. Tito says:

    Gan mau nanya.. saya udh setaun ini ganti aki 2 kali cepet tekor aki nya.. permasalahan nya dimana ya gan??

  17. Wahyu says:

    Vixion ane thn 2011 kadang” sk ssh hidup nya, apa hrs ganti kiprok ya? Mksh mohon info nya

  18. Anak says:

    Kalau menurut gua nih. Ganti motor aja bro. Lebih pasti..

  19. agam y ariand says:

    kebetulan masalahnya sama nih sama motor ane.
    ada baiknya spul n kiproknya agan cek dlu serta kabel bodynya n jgn lupa untuk vixion old berbeda jenia akinya
    yg vixion lama itu seri belakangnya 5s menandakan tegangan yg dikeluarkan 5volt kalo yg new 4volt
    ada baiknya klo aki sudah mulai soak segera dignti agar tidak merembet ke yg lain krna aki yg tekor memberatkan kerja spull yg berakibat spul n kiproknya rusak.
    klo spul n kiprok terlanjur rusak(klo kiprok biasanya cepat panas wlwpun baru hidup sebentar) atau bisa di cek dgn copot sikring kemudian di nyalakan kemudian nyalakan lampu dan tekan rem apabila mtr mati bisa dipastikan kiprok rusak segera diganti saja supaya terhindar dr kerusakan yg lebih fatal yaitu kerusakan pd fuelpump(hrganya lumayan nih di atas 400rb). untuk vixion di anjurkan mnggunakan aki merk yuasa krna lebih tahan bila dibandingkan merk gs.

  20. Guwisa bob says:

    Bang vixion aku 2010 kok tiba tiba mati gitu bang kalo dibuat jalan, abis mati trus idup lagi, soalnya gjala nya spul nya angus, apa itu pengaruh

  21. daud says:

    sy punya vixion lama selalu menyala lampu indikator kuning dan jarum gas ga bergerak tiap lampu depan dinyalakn.. padahal baru ganti aki .. mohon solusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *