Tertarik Membeli Honda ADV 150? Perhatikan Terlebih Dahulu 3 Hal Penting Ini, Ya!

Kamis, Oktober 31st, 2019 - Dunia Otomotif

Sejak pertama kali diluncurkan di gelaran GIIAS 2019, Honda ADV 150 langsung menjadi motor baru yang ramai dibahas oleh para penggemar otomotif, terutama motor. Skuter matic (skutik) dengan ukuran bongsor dan mesin kapasitas 150 cc tersebut sukses menuai banyak komentar positif, meskipun banyak juga yang kurang menyukainya. Meski demikian, hal tersebut tetap tak mengurangi gaung dari produk baru Honda yang merupakan “adik” dari ADV 750 yang punya ukuran lebih besar.

Untuk Anda yang saat ini tertarik ingin membeli Honda ADV 150, tentu Anda perlu melakukan pertimbangan matang terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah tiga hal penting yang perlu Anda ketahui dan pikirkan terlebih dahulu sebelum membelinya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

  • Ketahui Ukuran Kendaraan

Untuk skutik pada umumnya, terutama skutik kelas pemula, panjang kendaraan biasanya maksimal hanya mencapai 1.900 mm. Sementara itu, Honda ADV 150 punya dimensi yang memang lebih besar daripada skutik kebanyakan. Karena itu, jika Anda belum pernah mengendarai skutik bongsor sama sekali, Anda akan perlu melakukan adaptasi terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa berkendara dengan nyaman di berbagai kondisi jalan sekalipun.

Terlebih, ADV 150 punya jok yang cukup tinggi, bahkan lebih jangkung ketika dibandingkan dengan Honda PCX maupun Yamaha NMAX sekalipun. Tapi, jika Anda sudah familiar dengan ketinggian tongkrongan Yamaha XMAX, Anda barangkali tidak akan kaget lagi karena ADV 150 pun punya tinggi jok yang sama, yaitu 795 mm.

Kemudian, jangan lupa juga bahwa ADV 150 bukan hanya lebih besar, tapi juga lebih berat dibandingkan skutik pada umumnya. Dengan berat total sekitar 132 kg, pastikan dulu bahwa Anda memang bisa menjinakkan kendaraan ini.

  • Pilih Mana, ABS atau Non-ABS?

Honda ADV 150 dirilis dengan dua varian yaitu versi ABS dan non-ABS. Untuk memilih, sesuaikan dengan kebiasaan Anda dalam berkendara. Pada dasarnya, jika Anda sudah terbiasa dengan rem non-ABS alias rem konvensional, pilih ADV 150 CBS-ISS. Di samping itu, memang teknologi CBS pada motor buatan Honda memang berfungsi untuk menjalankan fungsi pengereman pad kedua roda, meskipun pengguna hanya perlu menekan tuas rem yang ada di sebelah kiri.

Sementara itu, rem ABS dirasa lebih unggul karena mampu mencegah terkuncinya roda saat pengendara mengerem mendadak. Dengan begitu, titik berhentinya kendaraan pun lebih pendek dibandingkan kendaraan dengan rem non-ABS. Akan tetapi, varian ADV 150 non-ABS justru jadi tidak aman jika Anda terbiasa melakukan pengereman seperti ketika menggunakan rem biasa. Pasalnya, hal ini bisa memperbesar risiko tumbukan. Stabilitas pun berkurang jika motor melaju dalam kecepatan yang terlalu tinggi.

Yang manapun pilihan Anda, tipsnya adalah memahami kinerja rem terlebih dahulu sebelum memilih varian Honda ADV 150 yang mana yang akan Anda pinang.

  • Kapasitas Mesin 150 cc

Seperti yang namanya tunjukkan, Honda ADV 150 punya mesin dengan kapasitas 150 cc. Karena itu, apabila Anda sudah terbiasa membawa motor dengan mesin yang lebih kecil, Anda jelas akan perlu beradaptasi dengan ADV 150 juga. Pasalnya, selain kapasitas yang lebih besar, skutik bongsor ini pun mampu menghasilkan tenaga yang besarnya mencapai 14,3 Tk dengan torsi mencapai 13,8 Nm. Tentunya Anda akan perlu melakukan adaptasi agar Anda bisa memainkan gasnya dengan tepat dan tenaga yang dihasilkan untuk menjalankan kendaraan tidak kebablasan.

Bagikan

Tertarik Membeli Honda ADV 150? Perhatikan Terlebih Dahulu 3 Hal Penting Ini, Ya! | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-Mail

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *