Tips Perbaikan Motor Tanpa Teknisi

Sabtu, Agustus 17th, 2019 - Dunia Otomotif

Tak ada salahnya jika sesekali anda mencoba kemampuan memperbaiki motor tanpa harus membawanya ke bengkel. Selain memerlukan biaya, anda juga tak kan pernah mampu memperbaiki motor anda sendiri. Saat ada waktu luang seperti liburan maka dapat anda manfaatkan untuk memperbaiki sedikit-sedikit permasalahan yang ada pada motor anda. Banyak panduan yang bisa anda dapatkan di media online perihal tutorialnya. Siapa tau kemampuan tersebut justru membuat anda menjadi mahir dan dapat menghasilkan uang nantinya karena anda sudah mampu meng serpis motor orang lain.

Perbaikan motor tanpa teknisi

Agar tak salah dalam memperlakukan motor anda, berikut cara-cara yang dapat anda lakukan dalam memulai serpis pada motor anda:

1.      Servis filter udara

Bagian ini berfungsi sebagai filter udara yang akan masuk ke karburator. Maka wajarnya dalam beberapa bulan maka filter udara akan kotor oleh debu. Jika hal ini terjadi maka anda dapat membersihkannya. Bentuknya yang seperti sponge dan kertas akan dengan mudah dapat dibersihkan. Meski ada beberapa merk filter udara yang memang harus diganti. Cara membersihkannya pun begitu mudah. Bagi filter yang berbentuk sponge maka anda hanya perlu menyelupnya ke dalam bensin dan keringkan dengan cara memerasnya. Ulangi hal ini dalam beberapa kali hingga dirasa sponge sudah benar-benar bersih.

2.      Perawatan carburator

Melalui karburator, uap mesin terisap untuk masuk ke dalam ruang pembakaran. Di sinilah diperlukan kenapa karburator perlu untuk dibersihkan secara berkala. Agar suplai bahan bakar tidak tersendat ke ruang pembakaran. Dalam membersihkannya anda tak perlu membongkar karburator  dalam membersihkannya anda hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih karburator melalui lubang  saat disemprotkan mesin harus dalam keadaan menyala serta sesekali mainkan gas nya.

3.      Perawatan Busi

Seperti halnya ruang bakar maka sisa pembakaran dapat menjadi kerak yang menempel di bagian kepala busi. Hal ini lama kelamaan akan mengganggu proses pembakaran  hal ini diakibatkan oleh kecilnya petikan api yang bersumber dari busi guna pembakaran pada uang mesin. Untuk menghindari hal tersebut maka kepala busi harus sering dibersihkan dari kerak tersebut. bersihkan dengan menggunakan ampelas atau bisa dengan sikat kawat anda. jika bagian busi pada motor anda sedikit terbuka, maka berhati-hatilah saat memarkirkannya di area terbuka terutama saat hujan. Karena terkadang air hujan dapat membuat busi motor tak dapat dihidupkan hingga busi dikeringkan.

4.      Perawatan rantai

Penyakit rantai yang ada adalah kendor, berdebu dan kering. Hingga membuat motor tidak dapat melaju dengan kecepatan penuh. Jika rantai motor anda kering maka tenaga yang dihasilkan motor akan terasa berat. Penyemprotan chain lube juga menjadi alternatif perawatan. Selain rantai tidak akan kering maka anda dapat menggunakan kecepatan sesuai CC motor tersebut.

5.      Ruang bakar

Efek dari suatu proses pembakaran aka nada penumpukan kerak dominan pada bagian kubah kepala silinder. Anda harus membongkarnya jika ingin membersihkannya. Dengan hanya menyemprotkan cairan engine conditioner pada ruang bakar, maka pembersihan ruang bakar dapat anda lakukan sendiri dengan mudah. Hasilnya jika memang ruang bakar saat itu dalam keadaan kotor tentunya asap berwarna hitam akan keluar dari dalam knalpot. Ulangi hal ini hingga beberapa kali hingga asap akhirnya terlihat bersih.

Perlakukan motor anda secara baik. Karena anda pasti sangat membutuhkannya sebagai kendaraan sehari-hari. Maka jangan tunggu hingga rusak atau muncul masalah. Namun dapat diatasi dengan perawatan ringan sehari-hari tentunya.

Bagikan

Tips Perbaikan Motor Tanpa Teknisi | admin | 4.5
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA JIKA ADA PERTANYAAN ATAU HIMBAUAN SILAKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA DI BAWAH

Tambahkan Komentar Sertakan Nama dan E-Mail

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *